Mayat Bergelimpangan di Jalan, Ratusan Orang jadi Korban Akibat Banjir Besar dan Tanah Longsor di Freetown.

0
252

Longsor atau sering disebut gerakan tanah adalah suatu peristiwa geologi yang terjadi karena pergerakan masa batuan atau tanah dengan berbagai tipe dan jenis seperti jatuhnya bebatuan atau gumpalan besar tanah. Secara umum kejadian longsor disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor pendorong dan faktor pemicu.

Sama seperti kejadian yang  melanda Ibu Kota Sierra leone, Freetown, Seperti diberitakan AFP, Korban banyak yang tewas akibat banjir besar dan tanah longsor dan banyaknya mayat yang dikirim ke RS itu menyebabkan tak ada lagi tempat untuk membaringkannya secara layak. Bahkan, laman Telegraph memberitakan, sudah 200 orang tewas dalam bencana besar ini.

Keterangan awal itu disampaikan seorang pejabat Palang Merah setempat. Seorang wartawan AFP yang berada di lokasi bencana melihat mayat-mayat dan rumah-rumah yang terendam lumpur, setidaknya di dua wilayah kota. Di lokasi itu, jalan raya pun berubah menjadi sungai, yang membawa lumpur dan mayat, hingga terdampar di lokasi yang lebih tinggi.

Gambar-gambar yang dibagikan oleh media lokal menunjukkan warga yang berusaha melintasi genangan air yang mengalir deras dan merendam badan mereka. Sementara, sebagian bukit di daerah Bupati dilaporkan telah longsor. Banjir adalah ancaman tahunan di Sierra Leone, perumahan yang rentan pun tersapu hujan lebat.  Banjir di kota ini sebelumnya pernah terjadi pada tahun 2015, dan menewaskan 10 orang, serta menyebabkan ribuan orang kehilangan tempat tinggal.

 

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%