Memahami Maksud dan fungsi Bahan Organik Bagi Tanaman

0
77

Bahan organik merupakan salah satu komponen penyusun tanah yang sangat penting bagi ekosistem tanah, yaitu sebagai sumber dan pengikat  hara dan sebagai substrat bagi mikroba tanah. Praktek pertanian secara terus-menerus akan mengurangi cadangan total karbon dan nitrogen dalam tanah. Untuk mendapatkankondisi tanah yang optimal bagi pertumbuhan tanaman.

Bahan organik berperan meningkatkan daya menahan air, memperbaiki struktur tanah menjadi gembur, mencegah pengerasan tanah, serta menyangga reaksi tanah dari kemasaman, kebasaan, dan salinitas. Kandungan bahan organik tanah yang tinggi juga memudahkan pengolahan tanah serta dapat menahan butiran tanah dari proses erosi permukaan. Perbaikan sifat fisik tanah tersebut merupakan nilai guna dan manfaat yang sangat besar dalam sistem produksi pertanian.

Bahan organik meningkatkan kapasitas tukar kation tanah, berfungsi sebagai cadangan sekaligus sumber hara makro dan mikro, mengikat kation yang mudah tersedia bagi tanaman tetapi menahan kehilangan hara akibat pencucian, berfungsi dalam pembentukan ikatan organic terhadap unsur mikro sehingga tetap tersedia bagi tanaman. Bahan organik juga meningkatkan ketersediaan beberapa unsur hara dan efisiensi penyerapan.

Beberapa Cara yang Dapat Dilakukan  untuk Mendapatkan Bahan Organik :

  1. Pengembalian sisa panen

Limbah hasil panen tanaman pangan yang dapat dikembalikan ke dalam tanah berkisar 2 – 5 ton ha-1, dan jumlah ini  tidak dapat  memenuhi  kebutuhan bahan organik minimum dalam tanah. Oleh karena itu masukan bahan organik dari sumber lain tetap diperlukan.

  1. Pemberian kotoran hewan atau pupuk kandang

Kotoran hewan bisa berasal dari hewan peliharaan seperti sapi, kerbau, kambing dan ayam, atau juga bisa berasal dari hewan liar seperti kelelawar dan burung. Pupuk kandang adalah pupuk yang berasal dari kandang ternak, baik berupa kotoran padat yang bercampur sisa makanan maupun air kencing, sehingga kualitas pupuk kandang beragam tergantung pada jenis, umur serta kesehatan ternak, jenis dan kadar serta jumlah pakan yang dikonsumsi, jenis pekerjaan dan lamanya ternak bekerja, lama dan kondisi penyimpanan, jumlah serta kandungan haranya.

Berminat Investasi ?

Contact WA : 081266091715

>> Investasi 10 – 25 Jutaan Sudah Bisa Buka Cabang Dengan Sistem Profit Sharing…Garansi Lock Profit 30% untuk 3 tahun pertama, dengan perjanjian Notaris + Proteksi Kerugian.

Dikirim oleh Batam Pop pada 17 Oktober 2017

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%