Memiliki perut buncit memiliki banyak dampak negatif???

0
61

Memiliki perut buncit memiliki banyak dampak negatif. Selain risiko penyakit kardiovaskular dan metabolisme, memiliki perut buncit juga bisa mengurangi rasa percaya diri yang dimiliki pria.

Untuk mencegah terjadinya perut buncit, Anda harus tahu dulu apa saja penyebabnya. Nah, dirangkum detikHealth dari berbagai sumber, berikut 4 penyebab perut buncit:

1. Stres
Stres tidak hanya berhubungan dengan kesehatan mental. Pakar menyebut ketika stres, seseorang lebih sulit memiliki perut yang rata karena pengaruh hormon.

Stres memiliki efek terhadap hormon adrenal, yakni hormon yang membuat tubuh menjadi lebih mudah menyimpan kalori ekstra di area perut. Karena itu jika Anda sering stres, maka perut buncit akan selalu mengintai.

2. Kecanduan alkohol
Para peneliti dari Francis Crick Institute, London, melakukan penelitian kepada mencit untuk melihat efek alkohol terhadap nafsu makan. Selama tiga hari, para mencit mendapat asupan alkohol setara 18 gelas ukuran sedang.

Hasil penelitian pada otak mencit menyebut adanya peningkatan aktivitas neuron otak yang berhubungan dengan rasa lapar saat tubuh mendapat asupan alkohol. Peneliti menyebut hal inilah yang membuat para pemabuk berat cenderung memiliki perut yang buncit dan kelebihan berat badan.

3. Sembelit
Konstipasi atau sembelit bisa membuat perut buncit. Apalagi jika sembelit sudah tahap kronis dan terjadi berulang selama bertahun-tahun.

Dalam waktu 12 jam menahan BAB perut bisa terlihat buncit. Saat itu pula, tinja makin mengeras di usus dan risiko sulit BAB makin besar.

Sehingga, bisa saja ketika Anda BAB kemudian, feses akan sulit dikeluarkan bahkan terjadi perdarahan atau robekan kecil.

4. Obesitas
Perut adalah tempat penyimpanan lemak yang utama. Ketika berat seseorang bertambah, maka lemak akan menumpuk pertama kali di area perut.

Jika obesitas dibiarkan, perut akan kehabisan tempat untuk menyimpan lemak. Tubuh pun mulai menyimpan lemak di tempat lain seperti liver, pankreas dan otot, yang berisiko menimbulkan penyakit metabolisme.
Serem juga ya kalau efek perut buncit. Jangan lupa share ya.
Sumber : Detik.com

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%