Mengapa Buaya Tampak Menangis Ketika Sedang Makan?

0
157

Ada kepercayaan yang dimulai berabad-abad lalu bahwa buaya menjebak mangsanya dengan cara menangis, kemudian melibas makhluk malang tersebut dengan rahang mereka. Anehnya, konon buaya juga disebut “menangis” selama makan.

Orang mungkin menganggap emosi buaya itu palsu, karena tak mungkin reptil itu bersedih ketika sedang berpesta pora. Itu pula mungkin yang menyebabkan munculnya istilah ‘air mata buaya’.

Bagaimana kebenaran kisah tersebut? Ternyata kisah itu tidak mengada-ada, buaya benar-benar meneteskan air mata di atas bangkai korban mereka. Tapi jangan berpikir bahwa mereka menyesali perbuatanya. Mereka memiliki dasar biologis atas tindakan yang tidak ada hubungannya dengan emosi palsu. Buaya benar-benar meneteskan air mata, sama seperti kita. Air terkumpul di mata mereka dan akhirnya tumpah ke luar dan mengalir di wajah mereka seperti menangis. Tapi mengapa itu terjadi mereka sedang makan?

Ini tidak mudah untuk diuji mengingat buaya bukanlah hewan yang bersahabat. Apalagi mereka sering berada dalam air sehingga meneliti mata mereka yang basah menjadi lebih sulit. Namun, para peneliti yang melakukan studi pada tahun 2006 melatih tujuh buaya untuk pindah ke tempat makan yang kering dan kemudian merekam respon mereka. Hasilnya, lima dari tujuh hewan yang diamati meneteskan air mata sambil makan.

Para peneliti tidak bisa mengatakan dengan pasti mengapa hal tersebut terjadi, tetapi mereka berpikir bahwa itu mungkin berhubungan dengan buaya yang terengah-engah, mendesis, dan mengeluarkan suara sambil makan. Perilaku-perilaku tersebut bisa mendorong udara melalui sinus dan merangsang kelenjar yang menyebabkan kelebihan produksi air mata.

Para peneliti juga bertanya-tanya apakah gerakan kepala buaya saat makanlah yang menyebabkan air mata tumpah. Yang pasti, tidak ada alasan untuk berpikir buaya memiliki semacam respon emosional terhadap tangkapannya. 🙂

 

Yuk, LIKE dan FOLLOW terus Batam Pop untuk dapat update artikel di fanpage :

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%