Nah ini, 5 Konsep Sederhana Hunian Tropis yang Perlu Anda Terapkan

0
830

Mengaplikasikan rumah dengan konsep hunian tropis pada tempat tinggal bukan hanya sekadar memperbanyak bagian rumah yang terbuka saja, seperti jendela ataupun taman di tengah atau dibelakang  rumah (patio). Penerapan konsep Hunian tropis ini juga perlu merancang kondisi areal disekeliling rumah dan bagian-bagian alam pendukungnya.

Arsitek Cosmas Gozali mengatakan bahwa esensi dari hunian tropis tidak harus mengenai ukuran bangunan rumah yang berjendela banyak atau memiliki material kayu. Ada 5 kriteria sederhana untuk konsep hunian tropis yang bisa Anda terapkan di rumah, yuk coba pelajari.

Arah hadap bukaan

Adapun tujuan dibuatnya banyak bukaan pada hunian tropis agar memudahkan sirkulasi udara agar hawa ruangan tetap terpelihara sejuk. Namun, hal itu harus perlu diketahui kondisi dari lingkungan tersebut.

Cosmas mencontohkan kondisi rumah hunian tropis di kawasan pegunungan dengan kecepatan angin yang lebih tinggi. Beliau mengutarakan, ada baiknya bukaan justru hanya dibuat pada sisi bangunan yang tidak menghadap arah angin. Bila angin berhembus dari arah barat, bukaan dapat ditambahkan pada sisi utara dan selatan bangunan saja.

Atap lebar

Maksud desain atap lebar adalah seperti atap rumah-rumah tradisional, bukan hanya menciptakan fasad rumah tampak teduh, tapi juga mengontrol agar udara panas di dalam rumah hunian tropis berkumpul di area sebelah atas ruangan. Di beberapa sisi atap juga dibuat lubang angin agar udara dan suhu panas tidak terjebak dan mampu keluar.

Baca Juga Berita : Winner Group, Melangkah Dengan Hunian Berkonsep

Rumah panggung

Kebanyakan rumah tradisional yang dibangun di bantaran sungai dibuat dalam bentuk rumah panggung dengan tujuan menjaga agar rumah tidak terendam ketika tinggi air bertambah. Namun, sebenarnya keberadaan ruang kosong di bagian bawah rumah memungkinkan udara mengalir dengan lancar dan menyejukkan ruangan di atasnya.

Jendela besar

Banyak bukaan berupa jendela besar tentu mempermudah angin masuk ke dalam rumah sehingga interior terasa lebih sejuk. Tapi, bukan hanya itu saja manfaatnya. Posisi jendela besar juga memudahkan sinar matahari masuk ke dalam rumah sehingga hawa dan ruangan rumah hunian tropis lebih nyaman dan mematikan bakteri-bakteri yang ada di ruang-ruang lembab.

Kamar mandi terbuka.

Konsep kelima salah satu dari ciri hunian tropis yang diambil dari model rumah tradisional adalah kamar mandi terpisah dan semi terbuka. Ini bertujuan agar kamar mandi tetap kering ketika tidak sedang pakai. Solusi ini juga dapat mencegah lumut, bakteri, ataupun jamur mengotori kamar mandi Anda.

Hal yang begitu menarik untuk konsep hunian tropis adalah dapat  didasarkan pada hal yang cukup sederhana. Contohnya filosofi tersedianya ruang berkumpul. Ini bisa dilihat dari rumah adat Kalimantan, Jawa, dan daerah lainnya yang selalu menyiapkan ruang besar untuk berkumpul dengan segenap anggota keluarga maupun kerabat dari luar rumah.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 2

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 50.000000%

Downvotes: 1

Downvotes percentage: 50.000000%