Olahraga Naik Gunung Sangat Perlu di Butuhkan Persiapan.

0
139

Selain topografinya yang memang menantang, ada juga faktor alam yang tidak bisa kita prediksi dan bisa membuat kita makin kelelahan. Padahal, kelelahan ketika mendaki dapat berakibat fatal karena oksigen dalam tubuh kita akan berkurang secara drastis.

Nah, untuk menghindari kelelahan di luar batas wajar ini, persiapan jadi hal wajib sebelum mendaki. Salah satu wujud persiapan itu adalah dengan melakukan 6 olahraga ini. Apa saja sih itu? Yuk, kita cek satu per satu!

Berbeda dengan lari cepat (sprint), jogging adalah olahraga lari dengan kecepatan yang konsisten. Olahraga ini efektif meningkatkan ketahanan tubuh.

Hal ini sangat sesuai karena mendaki gunung tentu membutuhkan endurance yang tinggi lantaran kegiatan yang dilakukan membutuhkan perjalanan yang jauh. Bagi kamu yang tidak terbiasa olahraga, jogging bisa menjadi pilihan yang tepat sebagai persiapan pendakianmu. Sebaiknya, lakukan 2 minggu secara rutin sebelum hari pendakian tiba.

 

man and woman jogging.

Ingat! yang terpenting dari jogging adalah berapa lamanya waktu yang kamu gunakan untuk berlari, bukan jarak yang bisa kamu tempuh dalam interval tertentu. Jadi, fokuslah pada waktu ketika jogging, karena semakin lama kamu berlari,akan semakin bagus. Tapi, jangan sampai memaksakan diri lho. Pahamilah batas kemampuan agar dirimu tidak jatuh sakit sebelum hari pendakian tiba.

 

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%