Presiden Diusulkan Tunjuk Panglima TNI dari Angkatan Udara.

0
119

Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo tidak lama lagi akan pensiun pada bulan Maret 2018 mendatang. Maka sejumlah pihak memberikan memberi masukan mengenai syarat atau kriteria untuk menyaring tokoh yang tepat menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo sebagai Panglima TNI.  Wakil Ketua Komisi I DPR Fraksi PDI Perjuangan, menyarankan Presiden Joko Widodo memajukan nama dari kalangan Angkatan Udara.

Menurut Hasanuddin, Panglima TNI seringkali dijabat oleh jenderal dari Angkatan Darat dan Angkatan Laut. Dia berasumsi demikian berangkat dari riwayat pemegang jabatan Panglima TNI sebelum Gatot. Sebelum Gatot, Panglima TNI dipegang oleh Moeldoko dari TNI AD (2013-2015), Agus Suhartono dari TNI AL (2010-2013), Djoko Santoso dari TNI AD (2007-2010). “(Panglima TNI dari AU) itu sekian puluh tahun yang lalu, Joko Suyanto (2006-2007),” kata Hasanuddin, di Jakarta, kemarin.

Menurut Hasanuddin, Jokowi sebaiknya memberi kesempatan matra Angkatan Udara untuk memimpin tentara agar peran panglima tak melulu didominasi angkatan darat dan laut saja. Hasanuddin menilai hal itu penting demi meningkatkan persatuan dan kesatuan antar ketiga matra tersebut. “Berilah kesempatan kepada (angkatan) udara,” kata Hasanuddin.

Saran serupa diutarakan oleh pengamat militer Connie Rahakundini Bakrie. Menurutnya, panglima TNI dari kalangan angkatan udara sesuai dengan rezim Jokowi yang ingin membangun poros maritim. Connie menjelaskan, kekuatan militer sektor maritim senantiasa didukung oleh kekuatan udara.

Dengan demikian, posisi panglima TNI lebih pas diberikan kepada kalangan angkatan udara karena angkatan laut sudah pernah sebelumnya.”Tidak ada pergerakan angkatan laut di dunia ini tanpa ada dukungan payung udara,” ucap Connie. Direktur eksekutif Imparsial, Al Araf menambahkan kriteria lain. Al Araf menganggap riwayat calon Panglima TNI perlu diperhatikam secara mendalam. Terutama mengenai kepatuhan terhadap hukum, korupsi, dan hak asasi manusia.

Jika Anda punya usaha atau jasa yang ingin di infokan dan ingin diliput secara GRATIS di BatamPop, silahkan Hubungi :

Admin : 0812 6156 3330

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%