Putra Mahkota Arab Saudi Ambisi Untuk Membangun Mega City NEOM.

0
67

Perbatasan barat laut Arab Saudi ke Yordania dan Mesir dan disebut sebagai proyek paling ambisius di dunia. NEOM akan dibangun membentang seluas 26.500 kilometer persegi. Mega City yang direncanakan dengan biaya $ 500 miliar di Arab Saudi adalah oasis tebing yang menakjubkan, pantai berpasir dan proyek berteknologi tinggi yang didukung oleh energi angin dan matahari dimana robot melebihi jumlah manusia dan gaya hidup kosmopolitan menawarkan fasilitas olahraga, hiburan dan kuliner.

Visi yang dipamerkan dalam sebuah video promosi di sebuah konferensi investasi internasional di Riyadh minggu ini sedikit berbeda dengan citra kerajaan dimana kecanduan “minyak” telah menciptakan ketergantungan pada pendapatan negara dan ulama yang menerapkan aturan ketat dalam hukum Islam. Ini adalah mimpi terakhir Pangeran Mahkota berusia 32 tahun, Muhammad bin Salman, dengan jenjang karir politik yang meroket dua tahun lalu ke jajaran eselon teratas, menjadi pewaris-tahta di bulan Juni.

Ambisius dan energik, pangeran dengan ide modern didorong oleh penyesalan bahwa kerajaannya, pemimpin ekonomi Arab terbesar dan eksportir minyak top dunia, telah tertinggal dari beberapa tetangga yang lebih kecil. Rencana terakhirnya untuk membangun zona bisnis 26.500 km persegi (10.000 mil persegi) yang disebut NEOM, hampir sama dengan ukuran Belgia, mengungkapkan skala ambisinya dan kekhawatiran seputar ambisi tersebut.

Beberapa eksekutif di konferensi tersebut – yang dijuluki “Davos di padang pasir” – tetap skeptis tentang kemampuan Riyadh untuk melaksanakan rancangan besarnya mengingat sistem hukum konservatif dan birokrasi yang lamban. Pangeran muda itu mengakui kesulitan tersebut namun telah berjanji untuk terus maju, dengan mengatakan:“Ini adalah sebuah tantangan. Mimpi itu mudah tapi mewujudkannya sangat sulit”

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%