Rambut Rontok Pada Bayi ? Bagaimana ?

0
92
SONY DSC

Ketika lahir bayi sudah mempunyai rambut yang cukup lebat. Akan tetapi beberapa minggu setelah itu perlahan-lahan rambut bayi rontok. Keadaan ini bisa disebut normal pada bayi yang baru lahir. Hal ini akan terjadi pada bayi selama enam bulan pertama setelah kelahirannya. Masalah kerontokan memang tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja, bayi juga mengalami kerontokan pada rambut.

Rambut memiliki dua tipe yaitu rambut lanugo yang merupakan rambut yang terdapat pada bayi, karakteristiknya halus dan memiliki sedikit pigmen. Kemudian ada yang disebut dengan rambut terminal yang merupakan rambut permanen dan memiliki pigmen yang banyak.

Rambut memiliki dua fase yaitu pertumbuhan yang berlangsung kira-kira selama tiga tahun dan fase istirahat berlangsung kira-kira tiga bulan. Kerontokan yang terjadi pada bayi merupakan fase istirahat rambut untuk kemudian tumbuh kembali menjadi rambut permanen. Kondisi rambut rontok bayi di luar fase istirahat rambut bisa saja terjadi.

Penyebab Rambut Rontok Pada Bayi

Posisi tidur : rambut rontok yang terjadi pada bayi bisa disebabkan oleh posisi tidur yang sama dalam setiap waktu.

Kekurangan gizi : kurangnya asupan nutrisi pada bayi bisa jadi salah satu yang menyebabkan bayi mengalami rambut rontok. Kekurangan vitamin H atau biotin dan zinc bisa menjadi pemicu rontoknya rambut pada bayi akibat terganggunya proses metabolisme yang terjadi dalam sel.

Tinea capitis : merupakan kurap yang terjadi pada kulit kepala akibat infeksi dari jamur. Kondisi ini menghambat pertumbuhan rambut karena pori-pori pada kulit kepala tertutup.

Trikotilomania : disebabkan oleh adanya stres fisik atau emosional pada bayi. pada kondisi ini rambut hilang terus menerus akibat adanya keinginan bayi menarik-narik rambut.

Bagaimana cara mengatasi rambut bayi rontok?

Pada dasarnya tak banyak yang dapat dilakukan bila hormon adalah penyebab utamanya. Dalam hal ini Anda hanya bisa menunggu hingga rambut baru itu tumbuh dengan sendirinya. Namun bila area kebotakan terjadi karena bayi berada dalam posisi yang sama terus menerus, maka ubah posisinya saat ia tidur atau duduk.

Ia mungkin suka menoleh ke kanan karena ada mainan kesukaan yang digantung di sisi tersebut. Oleh karena itu, ubah posisi mainannya dan biarkan ia menoleh dengan sendirinya. Anda juga boleh membantunya kalau ia tak bergerak juga. Selain terlentang, atur juga agar bayi berada dalam posisi telungkup dengan perut di bawah. Posisi ini tak hanya bisa memberikan istirahat bagi punggungnya, namun tummy time sangat penting untuk perkembangan fisik bayi secara keseluruhan.

Saat periksa ke dokter, jangan segan memberitahukan ke dokter tentang rambutnya yang rontok khususnya bila bayi sudah berusia 6 tahun ke atas. Meski masih normal, namun dokter dapat membantu memastikan bahwa hal itu tidak terjadi akibat efek obat-obatan tertentu. Dan yang pasti, tetap lakukan tugas Anda sebagai ibu. Cuci rambut dan kepala si kecil seminggu sekali dengan shampo khusus bayi, dan tunggulah hingga rambutnya tumbuh dengan sendirinya.

 
Sudah coba ayam panggang kenichi ? RM baru berkonsep digital cafe di Batam ? ( bersponsor )

Nih, biar gak ketinggalan info “Ayam Panggang Ken-i-chi”, kamu bisa LIKE fanpagenya untuk selalu dapat Promo Terupdatenya :

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%