SEJARAH INTERNET

0
81

Internet sekarang sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi setiap orang, hampir semua orang khususnya di perkotaan telah mengenyam akses internet. Hal ini didukung juga dengan perkembangan gaget  dan hampir semua orang mempunyai ketergantungan terhadap gaget terutama dikalangan remaja. Tahukah Anda? Sejarah Internet berawal dari diciptakannya teknologi jaringan komputer pada tahun 1960. Apa itu jaringan komputer? Jaringan komputer adalah beberapa komputer yang terhubung satu sama lain dengan memakai kabel dalam satu lokasi yang memiliki hubungan timbal balik, misalnya dalam satu kantor atau gedung.

Perkembangan internet saai ini sangatlah pesat. Bagaimana tidak, yang sebelumnya hanya dinikmati orang-orang tertentu saja dan fungsinya terbatas, kini semua orang bisa menggunakannya tanpa terkecuali dengan akses informasi yang jauh lebih luas dan fungsi yang lebih beragam. Hal itu tentunya ditennggarai oleh penemuan-penemuan hebat yang ada di internet. Mungkin hanya masyarakat daerah pedesaan di Indonesia saja yang belum terdapat akses internet, karena pembangunan jaringan internet di Indonesia tidak merata. Memang mungkin cukup sulit mengembangkan internet di Indonesia ketimbang di negara lain, karena negara kita adalah negara kepulauan yang setiap pulau berpisah-pisah.

Kita sebagai pengguna internet di zaman yang modern ini tentunya menjadi sangat terbantu dengan adanya internet, dimana sekarang ini terjadi peralihan dari yang konvensional ke digital, internet saat ini mampu mengubah peradaban dunia. Karena kita merasakan mungkin banyak orang yang sangat tergantung pada internet dalam kehidupan sehari-harinya, mulai dari pemakaian social media sebagai hiburan atau bisnis, membaca artikel menarik di website, hingga kegiatan chatting dengan kawan terdekat.

Pada tanggal Agustus 1962 sejarah ini dimulai dan penciptaan internet pertama kali dikemukakan oleh seseorang bernama J.C.R Licklider dari MIT Massachutts Institute of Technology. Pada awalnya dengan konsep yang dinamakan “Galactic Network” oleh dirinya. Ia mengemukakan tentang bagaimana jaringan global yang memungkinkan orang dapat mengakses data dan program dari mana saja. Pada Oktober 1962 beliau mengepalai program penelitian komputer di ARPA yang merupakan bagian dari Departmenet Pertahanan Amerika Serikat.

Pada saat itu ARPANET merancang sebuah bentuk jaringan, kehandalan, dan  seberapa besar informasi dapat dipindahkan, yang akhirnya semua standar yang mereka tentukan inilah yang menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru dan pada saat ini kita lebih mengenalnya dengan istilah TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Pada awalnya proyek itu dibangun  untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Pada tahun 1966 Larry Roberts melakukan pengembangan konsep jaringan komputer. Kemudian beliau merencanakan jaringan yang disebut ARPANET, konsep tersebut dipublikasikan pada tahun 1967. Pada tahun 1969 ARPANET pada awalnya baru bisa melibatkan empat buah komputer yang terkoneksi.

Komputer pertama berada di university of California Los Angeles, komputer ke dua berada di Stanford Research Institute, komputer ketiga berada di University of California Barbara dan koputer ke emat berada di University Utah. Dan pada tahun 1971 jumlah komputer yang terhubung ke ARPANET berhasil ditingkatkan mencapai 14 buah. Pada tahun ini pulalah protokol Telnet dan FTP berhasil dibangun. Pada tahun 1972 larry Roberts dan Bob Kahn mengenalkan ARPANET pada konferensi ICCC yang diselenggarakan di Washignton.

Pada tahun 1972 Ray Tomlinson menulis program yang memungkinkan surat elektronik dikirimkan ke jaringan ARPNET. Beliaulah yang merancang konversi “user@host.” Pada tahun ini pula ARPANET menggunakan NCP untuk menstransfer data. Pada tahun yang sama ARPA beruah nama menjadi DARPA. Tambahan huruf D berasal dari kata Defense. Pada tahun ini ARPANET melakukan koneksi international yang pertama dengan University College of London dan Royal Establishment di Norwegia.

Pada tahun 1978 kedua mahasiswa di Duke University Tom Truscott dan Jim Ellis menciptakan Unix to Copy Protocol ditemukan di Labolatorium Bell. Program ini memungkinkan kita untuk melakukan file transfer. Pada tahun 1979 news group yang diberi nama USENET beroperasi dengan dasar UUCP. Penciptanya adalah dan Steven Bellovin (dari Universitas North Carolina).

Pada tahun 1982 DCA atau Defense Communication Agency dan DARPA membentuk protokol yang disebut TCP/IP untuk ARPANET. Selanjutnya, Departemen Pertahanan Amerika Serikat menyatakan TCP/IP sebagai sebuah standar. Mulai pada saat itulah internet didefinisikan sebagai sekumpulan jaringan yang terhubung yang menggunakan TCP/IP sebagai protokol.

Pada tahun 1983 ialah John Postel dan Paul Mockapetris dan Craig Partidge melakukan pengembangkan Domain Name System (DNS) dan mengusulkan sistem pengamatan berbentuk user@host.cdomain. Dan pada tahun 1984 DNS diperkenalkan di internet dengan menyebutkan nama-nama jenis domain seperti . gov, .mil,.org, .net dan .com.

Pada tahun 1986 TCP/IP mulai tersedia pada workstaiton dan PC. Pada tahun ini pula National Science Foundation adalah lembaga pemerintahan Amerika Serikat yang menyokong pendidikan dan penelitian, lembaga ini yang mendanai NSFNET sebagai tulang punggung internet berkapasitas 56 kbps dan mengatur internet hanya ditujukan untuk kepentingan riset dan pemerintah yang bersifat tidak komersial.

Author : Yusuf

Sumber :

www.rahmatullah.blogspot.co.id

www.wikipedia.com

 

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%