Serangan Udara AS Tewaskan 100 Militan Shabaab di Somalia

0
81

Pasukan militer Amerika Serikat (AS) melancarkan serangan pesawat-pesawat tak berawak (drone) terhadap militan ISIS di Somalia. Pejabat militer melaporkan 100 teroris tewas dalam serangan tersebut. Ini merupakan pertama kalinya AS menyerang militan ISIS di negara Afrika itu.

“Berkoordinasi dengan pemerintah Somalia, pasukan AS telah melakukan serangan udara melawan kamp militan Al-Shabaab pada Selasa (21/11) sekitar pukul 10.30 waktu setempat, dan menewaskan 100 teroris,” kata Komando Afrika (AFRICOM) militer AS dalam pernyataannya dilansir AFP, Rabu (22/11/2017). Serangan tersebut dilakukan pada jarak jauh sekitar 200 kilometer di kawasan barat laut Ibu Kota Somalia, Mogadishu.

Dalam beberapa bulan terakhir, AS berulang kali menyerang para militan Somalia dari kelompok pemberontak Al-Shabaab yang bersekutu dengan Al-Qaeda. Komando Afrika (AFRICOM) militer AS menyatakan, serangan-serangan tersebut dilancarkan di wilayah Somalia timur laut pada Jumat (3/11) waktu setempat.

Menurut militer AS seperti dilansir knator berita AFP, Sabtu (4/11/2017), sejumlah teroris tewas dalam serangan pesawat tak berawak tersebut. Media Voice of America yang mengutip kepala kota Qandala di wilayah semiotonomi Puntland, enam rudal yang dilepaskan drone AS mengenai sebuah basis ISIS di desa Buqa.

“Pasukan AS akan terus menggunakan semua tindakan yang tepat dan berwenang untuk melindungi warga Amerika dan menghancurkan ancaman-ancaman teroris,” demikian disampaikan AFRICOM. ISIS pertama kali mengklaim serangan bunuh diri di Somalia pada Mei lalu, yang menewaskan lima orang. Kelompok radikal tersebut belakangan ini meningkatkan aktivitasnya di Somalia yang didominasi oleh militan Al-Shabaab.

Jika Anda punya usaha atau jasa yang ingin di infokan dan ingin diliput secara GRATIS di BatamPop, silahkan Hubungi :

Admin : 0812 6156 3330

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%