Sudah siap untuk Pilkada Jakarta Putaran ke-2 besok ?

0
86
Ini yang Bisa Agan Sista Lakukan di TPS Pas Pencoblosan

Pilkada DKI Jakarta putaran kedua udah tinggal hitungan hari nih ! Kedua pasangan yang bakal bertarung, Ahok-Djarot dan Anies-Sandi cuma punya kesempatan buat berkampanye sampe Sabtu, 15 April. Setelah itu masa tenang selama tiga hari, sebelum pelaksanaan pencoblosan di TPS pada Rabu, 19 April 2017.

Ini yang Bisa Agan Sista Lakukan di TPS Pas Pencoblosan

Ngomongin soal Pilkada pasti ga jauh dari yang namanya perang pendapat. Ga cuma antar paslon yang bertarung, tapi juga para pendukung si paslon tersebut. Malah kalo kondisi di Pilkada DKI 2017 ini bisa dibilang paling panas diantara Pilkada yang sebelum-sebelumnya

Tapi selain soal kampanye dan perang pendapat, ada satu hal lain yang ga kalah penting loh. Yaitu soal kita-kita ini yang punya hak suara nanti. Banyak beberapa diantara kita yang bener-bener cuma nyoblos pas hari pemilihan. Padahal menurut ane ada beberapa hal lain yang bisa kita lakukan buat memastikan kalo proses pencoblosan sampe penghitungan suara berjalan dengan jujur dan bersih

Datang dari Pagi

Ini yang Bisa Agan Sista Lakukan di TPS Pas Pencoblosan

Banyak banget orang-orang, apalagi anak muda yang punya hak suara itu dateng ke TPS pas udah siang. Padahal dateng pagi-pagi ke TPS, bahkan pas sebelum proses pemungutan suara dimulai ada keuntungan tersendiri loh. Kamu bisa ikut yang namanya Rapat Pemungutan Suara, biar bisa mastiin langsung kalo semua perlengkapan buat pemilihan bebas dari kecurangan

Sebelum Nyoblos, Jangan Ragu Buat Nanya

Ini yang Bisa Agan Sista Lakukan di TPS Pas Pencoblosan

Biasanya nih, kalo nama kita udah dipanggil sama petugas buat ngambil surat suara terus nyoblos, kita bakal langsung aja buat ngelakuin. Sebaiknya, pas dipanggil itu jangan ragu buat mastiin surat suara itu ga rusak. Selain itu kamu juga bisa nanya soal apapun yang berkaitan sama pemilihan, misalnya apa-apa aja yang boleh dan ga boleh dilakukan

Abis Nyoblos Jangan Langsung Pulang

Ini yang Bisa Agan Sista Lakukan di TPS Pas Pencoblosan

Ini juga jadi salah satu pemandangan yang paling sering nih. Abis nyoblos dan celupin jari ke tinta, langsung deh ngeloyor balik ke rumah buat tidur, mumpung libur kan. Tapi saran ane sih Agan Sista mending duduk dulu di TPS buat ikut mengawasi jalannya pemilihan suara, itung-itung silaturahmi juga kan sama tetangga. Di saat-saat kayak gitu juga bisa liat apakah TPS tempat kamu nyoblos terjadi kecurangan atau ngga. Dan bisa mengawasi saksi dari para paslon yang ada di situ, apakah mereka melakukan hal-hal yang dilarang atau ngga

Perhatiin Baik-baik Proses Penghitungan Suara

Ini yang Bisa Agan Sista Lakukan di TPS Pas Pencoblosan

Proses yang rawan banget sama kecurangan nih di setiap pemilihan umum! Makanya, kali ini coba deh bener-bener awasin pas proses penghitungan suara. Ga cuma dari penghitungan dimulai, tapi mulai dari ditutupnya TPS. Pastikan semua surat suara yang ga dipake itu ga dicoblos secara ilegal oleh oknum-oknum yang berkeliaran. Abis penghitungan suara bener-bener selesai, jangan ragu buat catet atau foto hasil yang ada di formulir C1. Jaga-jaga kalau ke depannya ada kesalahan pas rekapitulasi di tingkat kelurahan dan seterusnya

Nah itu sih beberapa hal yang disaranin buat warga jakarte pas Pilkada DKI Jakarta 2017 putaran kedua besok. Pastiin ga ada kecurangan-kecurangan yang ujung-ujungnya cuma bikin rugi warga Jakarta!

sumber : kaskus

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%