Suku Pedalaman/Terpencil Paling Terasing di Indonesia

0
326

Indonesia merupakan Negara yang sangat kaya akan keragaman suku bangsanya, namun banyak suku pedalaman di Indonesia yang terisolasi dari dunia luar. Suku terasing di Indonesia adalah suku yang berada di daerah yang masih terisolasi dari dunia luar. Dalam konsep pemahaman secara harfiah bahwa suku terasing merupakan komunitas suku yang tinggal di pedalaman/terpencil yang memiliki segalah keterbatasan.

Suku Kombai dan Korowai, Papua

Mungkin banyak dari anda yang belum pernah mendengar suku ini di Indonesia, karena suku ini baru ditemukan keberadaannya 30 tahun yang lalu. suku ini merupakan suku etnis yang tinggal dipedalaman hutan Papua, dan membangun rumah-rumah mereka di atas pohon.

Kedua suku ini memiliki ritual budaya yang hampir sama salah satunya adalah masih menggunakan koteka sebagai pakaian mereka hingga kini, meskipun pada awal ditemukannya telah dikenalkan dengan pakaian. Selain sebagai suku pedalaman terasing di Indonesia kedua suku ini juga merupakan suku kanibal. Mereka akan memakan sesamanya sebagai bentuk hukuman atau digunakan sebagai sistem peradilan yang dianut oleh mereka

Suku Badui, di Kab. Lebak Banten

Suku Badui atau suku Kanekes adalah masyarakat asli di daerah Banten. Meskipun tinggal di daerah yang cukup sentral di Indonesia, suku ini menjalani kehidupannya dengan mengasingkan diri dan tidak menerima modernisasi atau pembangunan yang berasal dari luar.

Masyarakat Badui lebih memilih hidup mandiri di sekitar pegunungan kendeng dengan bermata pencaharian yang bersumber dari alam. Meski terisolir, masyarakat Badui hidup dengan penuh kerukunan dan tolong menolong.

Suku Kajang (Kabupaten Bulukumba)

Sulawesi Selatan juga memiliki suku yang sangat beragam. Namun jika beberapa diantaranya sudah membuka diri dengan kehidupan luar beberapa suku lainnya pun masih hidup dengan batasan adat mereka sendiri. Salah satunya adalah suku kajang, suku yang terletak di Kabupaten Bulukumba ini boleh disebut sebagai suku terasing sekaligus ditakuti. Beberapa kalangan dari suku Kajang memang sudah semakin terbuka dengan kehidupan perkotaan namun suku ini juga punya sejumlah kelompok yang hidup terasing di tengah hutan.

Suku yang identik dengan busana serba hitam ini juga dipercaya memiliki kekuatan magis yang sangat dahsyat. Hal tersebutlah yang membuatnya dikenal menakutkan bagi banyak kalangan di Sulawesi dan Indonesia.

 

 

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%