Tanda-tanda Hamil Yang Tidak Banyak Orang Tahu

0
546
Hamil dan punya anak merupakan sesuatu hal yang ditunggu-tunggu oleh pasangan suami istri, baik yang baru menikah atau pun yang sudah lama menikah. Terutama kepada pasangan yang baru saja menikah, tentunya sangat awam sekali bukan tentang yang nama nya tanda-tanda kehamilan itu seperti apa. Untuk itu perlulah Anda pahami apa saja tanda-tanda kehamilan, apakah Anda hamil atau tidak. Inilah tanda-tanda hamil yang tidak banyak orang tahu:

1. Perdarahan vagina

Terkadang bercak atau perdarahan dari vagina merupakan salah satu tanda awal kehamilan. Ini dikenal sebagai perdarahan implantasi, terjadi saat telur yang telah dibuahi menempel pada dinding rahim yaitu sekitar 10 sampai 14 hari setelah pembuahan. Perdarahan implantasi umumnya berlangsung dalam waktu yang singkat dan terjadi di waktu yang sama saat menstruasi Anda seharusnya terjadi. Namun, perdarahan implantasi biasanya jauh lebih ringan dari perdarahan menstruasi.

2. Kram perut

Beberapa wanita mengalami kram ringan pada rahim saat awal kehamilan.

3. Perubahan mood

Meluapnya jumlah hormon dalam tubuh Anda di awal masa kehamilan dapat membuat Anda menjadi luar biasa emosional dan cengeng. Perubahan suasana hati juga merupakan hal yang biasa dalam awal masa kehamilan.

4. Pusing

Kehamilan menyebabkan pembuluh darah Anda melebar dan tekanan darah Anda menurun. Akibatnya, Anda mungkin akan mendapati diri Anda merasa pening atau pusing.

 

5. Sembelit

Perubahan hormon dapat memperlambat kerja sistem pencernaan Anda, dan hal ini dapat menyebabkan sembelit alias susah buang air besar.

6. Suhu tubuh tinggi

Suhu tubuh basal, alias suhu tubuh Anda saat baru saja bangun di pagi hari, dapat memberikan petunjuk awal dari kehamilan. Suhu tubuh basal Anda akan sedikit meningkat setelah ovulasi, dan menetap pada suhu yang sama sampai menstruasi berikutnya. Jika Anda telah mengukur suhu tubuh basal Anda untuk menentukan kapan Anda berovulasi, dan setelah dua minggu kemudian suhu tubuh Anda masih terus naik, ini dapat menjadi tanda bahwa Anda sedang hamil.

Sayangnya, tanda dan gejala ini tidak selalu berarti Anda hamil. Beberapa gejala di atas juga dapat berarti Anda akan sakit atau haid Anda akan dimulai. Begitu juga sebaliknya, Anda bisa hamil tanpa mengalami tanda-tanda dan gejala apapun.

Namun, jika Anda telat datang bulan sekaligus merasakan beberapa gejala di atas, mungkin ini saatnya Anda melakukan tes kehamilan di rumah, terutama jika Anda tidak mencatat siklus menstruasi Anda atau jika siklus menstruasi Anda bervariasi dari satu bulan ke bulan yang lain. Jika hasil dari tes kehamilan yang Anda lakukan di rumah adalah positif, aturlah pertemuan dengan dokter Anda. Semakin cepat kehamilan Anda dikonfirmasi, semakin cepat Anda dapat mulai perawatan prenatal.

 

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%