Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi di Batam

0
752
Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi di Batam, Tempat Wisata Keren Di BAtam

Batam merupakan kota yang dikenal dengan Kota Industri, Batam juga merupakan Kota tersbesar di Kepulaun Riau. Lokasinya yang dekat dengan Singapura serta Malaysia, membuat Kota Batam termasuk kota yang pertumbuhan ekonominya pun cukup pesat. Tetapi sangat disayangkan keuntungan yang dimiliki Kota Batam secara geografisnya belum dimanfaatkan dengan baik di sektor pariwisatanya. Sehingga masih banyak yang belum mengetahui tempat wisata yang menarik di Batam. Nah, jika anda berencana ke Batam, Berikut ini merupakan beberapa tempat wisata menarik di Batam yang sayang sekali jika tidak dikunjungi !

1. Jembatan Barelang

Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi Saat di Batam, tempat wisata unik batam

Tempat yang satu ini merupakan ikonnya Kota Batam, Jembatan Barelang sendiri dibangun untuk memberikan kemudahan askes antar pulau-pulau kecil di Kepulauan Riau. Pulau-pulau itu sendiri yaitu Pulau Batam, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Tonton, Pulau Galang dan Galang Baru. Dengan panjang sekitar 2.264 meter, terdapat 6 rangkaian jembatan di mana setiap rangkaiannya dinamai raja yang pernah menguasai kawasan Melayu-Riau. Rangkaian jembatan pertama dinamakan jembatan Fisabilillah, kedua dinamakan jembatan Nara Singa, ketiga dinamakan Raja Ali Haji, keempat dinamakan jembatan Sultan Zainal Abidin, kelima dinamakan jembatan Tuanku Tambusai, dan yang keenam dinamakan jembatan Raja Kecik.

Pembangunan Jembatan Barelang merupakan inisiatif dari B. J. Habibie, sehingga masyarakat sekitar sering menyebutnya sebagai “Jembatan Habibie”. Karena pesonanya yang menarik banyak wisatawan yang singgah untuk menikmati keindahan pemandangan sekitar, dan juga berfoto dengan latar belakang jembatan

  1. Pantai Nongsa

Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi Saat di Batam, tempat wisata pilihan di Batam

 

Keindahan pantai Nongsa dengan air lautnya yang jernih, serta dipercantik dengan pasir putih membuat kita sangat dimanjakan. Suasana pantai kian eksotis karena dipadankan dengan pemandangan kota yang metropolis. Selain menikmati sunset kita juga bisa melihat keindahan pemandangan cahaya lampu dari gedung-gedung di Singapura dan Malaysia.

Saat ini Nongsa telah dijadikan kawasan wisata representatif bagi wisatawan lokal maupun asing. Dengan demikian, telah tersedia penginapan hingga hotel berbintang, resort bertaraf internasional, penyewaan fasilitas olahraga air, lapangan golf, rumah sakit, ATM, toilet, dan lain sebagainya.

  1. Mega Wisata Ocarina

Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi Saat di Batam, Tempat Wisata pilihan di Batam

Mega Wisata Ocarina memberikan kita suatu pengalaman yang menarik dan unik dengan berbagai macam wahana permainan dan wisata pantai untuk anak-anak hingga orang dewasa dalam satu lokasi terpadu.  Mega Wisata Ocarina memiliki komedi putar raksasa (giant wheel) dengan diameter 30 meter dan ketinggian 25 meter di atas permukaan laut. Saat berada di puncaknya, Anda bisa melihat pemandangan seluruh kawasan wisata dari wahana ini.  Selain itu, tersedia pula area taman bermain anak, bioskop 3-dimensi, waterpark, serta sebuah panggung hiburan yang menghadap laut. Keunikan lain dari tempat ini adalah berjejernya 12 patung shio China di sepanjang jalur pejalan kaki. Setiap patung dilengkapi penjelasan sifat masing-masing shio dengan 3 bahasa, yaitu bahasa Indonesia, bahasa Inggris dan bahasa Mandarin. Jadi selain berwisata kita juga sekalian belajar.

  1. Kampung Vietnam

Jika berkunjung ke Batam, objek wisata yang harus anda kunjungi yaitu ke objek wisata sejarah di Pulau Galang, yaitu Kampung Vietnam. Tempat ini dulunya merupakan sebuah bekas perkampungan yang pernah dihuni oleh para pengungsi Vietnam ketika terjadi gejolak politik di Vietnam tahun 1970-an. Saat ini, perkampungan seluas 80 hektar tersebut sudah tak berpenghuni. Namun, sisa peninggalan para pengungsi tetap dirawat dan dijadikan objek wisata sebagai jejak sejarah kemanusiaan bangsa Indonesia.

Ketika libur hari raya, pengunjung Kampung Vietnam bisa mencapai hingga 5.000 orang. Tidak sedikit dari para wisatawan merupakan keluarga dari mantan pengungsi yang sengaja datang untuk memberi penghormatan di pemakaman.

  1. Waterpark Top 100

Kalau ke Batam untuk liburan keluarga, berkunjung ke Waterpark Top 100 tentu menjadi keharusan untuk menyenangkan hati anak-anak. Waterpark terbesar di Batam ini berada di daerah Tembesi, tepatnya di belakang Mall Top 100. Tersedia aneka seluncuran yang dirancang untuk anak-anak hingga orang dewasa. Tak hanya itu, ada juga wahana tirai air dengan gua buatan yang dikelilingi bebatuan serta wahana ember tumpah untuk menambah keseruan liburan. Kedai makanan dan gazebo juga disediakan di pinggir kolam. Masalah keamanan, ada lifeguard dan juga telah disediakan tenaga medis.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%