Tips Memilih Cooling pad (Pendingin) Laptop yang Anda Butuhkan

0
126

Pendingin laptop atau yang sering disebut dengan Cooling pad adalah aksesoris laptop yang berfungsi untuk mengurangi/mendinginkan laptop pada saat digunakan. Pendingin laptop biasa digunakan untuk mencegah laptop dari kepanasan (atau biasa disebut overheating) dan untuk menjaga pengguna dari bahaya panas laptop.

Ada beberapa alesan ketika anda ingin membeli Cooling pad. Diantaranya ada yang ingin benar-benar membeli cooling pad yang bagus, tetapi tidak hanya sekedar sebagai pendingin laptop dan juga ada yang membeli Cooling pad yang kurang bagus tetapi hanya sekedar untuk meniup angin ke laptop.

Oleh karena itu artikel ini akan memberikan beberapa tips bagaimana memilih Cooling pad yang bagus dan sesuai dengan kenginingan anda.

  • Usahakan memilih yang bisa dipindahkan

Kebanyakan cooling pad laptop kipasnya tidak dapat dipindahkan. Ketika ingin memilih cooling pad usahakan memilih yang kipasnya dapat dipindahkan karena jika kipasnya dapat dipindah-pindahkan, kita akan senantiasa bebas untuk menaruh kipasnya dimana saja. Cooling pad yang bagus adalah yang kipasnya tepat berada dibawah vetilasi atau lubang laptop.

Coba perhatikan laptop anda pada bagian bawahnya, pasti akan ada banyak lubang ventilasi. Kalau anda memiliki cooling pad yang bisa dipindahkan kipasnya, maka pindahkan kipasnya tepat dibawah lubang ventilasi laptop anda, dengan begitu maka angin yang dihembuskan oleh kipas bisa mendinginkan bagian dalam laptop karena sudah tepat berada dibawah lubang ventilasi.

Tetapi kalau anda tidak menemukan cooling pad yang kipasnya bisa dipindahkan maka carilah cooling pad yang posisi kipasnya tepat berada pada lubang ventilasi laptop anda.Jangan membeli cooling pad yang posisi kipasnya tidak tepat pada lubang ventilasi laptop karena angin yang dihembuskan cooling pad tidak akan bisa mendinginkan bagian dalam laptop karena posisi kipas tidak sejajar dengan lubang ventilasi yang menyababkan udara tidak bisa masuk kedalam.

  • Ukuran kipas

Usahakan memilih cooling pad dengan ukuran kipas yang lebih besar karena jika ukuran kipas lebih besar maka hembusan angin yang diciptakannya juga akan besar.

  • Jumlah kipas

Usahakan memilih cooling pad yang jumlah kipasnya lebih dari satu karena angin yang dihasilkan juga lebih banyak dan juga degan jumlah kipas yang lebih dari satu maka kemungkinan kipasnya itu akan tepat berada pada lubang ventilasi laptop dan itu akan lebih bagus karena angin akan bisa langsung masuk kedalam laptop.

  • Kecepatan kipas

Jika memungkinkan maka pilihlah cooling pad yang kecepatan kipasnya cepat. Caranya yaitu bandingkan kecepatan kipas dari beberapa cooling pad yang tercepat putaran kipasnya itu yang paling bagus karena bisa menghembuskan angin yang lebih besar. Anda juga bisa menanyakan berapa RPM nya (putaran kipas) kepada penjual.

Jika anda membeli cooling pad melalui toko online, cara membandingkan kecepatan kipasnya yaitu bisa dengan melihat spesifikasinya. Spesifikasi yang menentukan kecepatan kipasnya yaitu disebut RPM. Jadi pilih cooling pad yang mempunyai RPM lebih besar dan tentunya juga anda harus mempertimbankan juga pada tips-tips lainnya dalam pemilihan cooling pad.

  • Tingkat kebisingan

Tingkat kebisingan merupakan hal yang penting bagi sebagian orang karena mungkin akan mengganggu ketika orang bekerja di depan laptop. Oleh karena itu, jika anda tidak bisa berkonsentrasi jika mendengar ada suara bising, maka lebih baik pilih cooling pad yang tingkat kebisingannya lebih kecil. Carana yaitu menanyakan berapa tingat kebisingannya atau berapa dBA nya pada penjual toko.

  • Arah kipas

Arah kipas pada cooling pad ada dua yaitu arahnya ke dalam (kearah atas yang akan megembuskan panas kedalam) dan keluar (kebawah laptop yang akan menyerap panas dan mengeluarkannya ke bawah). Pada arah kipas ke dalam maupun keluar ada beberapa kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Kipas dengan arah kedalam kelebihannya yaitu akan cepat mendinginkan laptop karena angin akan langsung masuk kedalam laptop dan mendinginkannya.Intinya adalah kipas dengan arah kedalam akan mendinginkan laptop lebih bagus daripada kipas yang arahnya keluar.Tetapi kekurangannya yaitu debu akan mudah masuk kedalam laptop anda karena kipas tidak hanya menghembuskan angin tetapi juga debu.

Pada kipas yang arahnya keluar kelebihannya jelas yaitu debu tidak akan masuk ke dalam laptop karena arahnya keluar.Tetapi kekurangannnya yaitu pada kipas ini suhu pada laptop tidak akan bisa diturunkan dengan baik seperti kipas yang arahnya kedalam.Itu karena angin tidak masuk kedalam, melainkan kipas ini hanya membantu pengeluaran panas ke bawah laptop. Tingkat penyerapan panasnya pun sedikit karena daya yang diambil hanya dari USB laptop.

Disarankan pilihlah cooling pad dengan arah kipas kebawah karena tidak akan ada debu masuk ke dalam laptop anda. Tetapi jika anda menginginkan cooling pad untuk menurunkan suhu yang cepat dan lebih baik, maka kipas dengan arah kedalam juga tidak apa-apa, asalkan anda sering membersihkan ventilasi pada laptop anda agar pembuangan panas pada laptop anda tidak terganggu.

  • Bahan cooler laptop

Pilihlah bahan dari cooling pad yang terbuat dari besi, aluminium dan sejenisnya (bahan yang bisa menghantarkan panas). Jangan memilih cooling pad yang berbahan plastik karena tidak akan membantu untuk mengurangi panas.

Demikian beberapa tips untuk memilih cooling pad yang bagus untuk anda. semoga tips ini dapat membantu anda dalam memilih untuk membeli cooling pad yang bagus untuk anda.

 

Jangan Lupa Like dan Follow AZ Technology

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%