Tips menghemat data internet anda.

0
85

Karena semakin meningkatnya kebutuhan penggunaan internet menggunakan smart phone, secara tidak sadar menyisihkan sedikit dari penghasilan untuk membeli paket data internet. Tentu saja ini artinya Anda telah memiliki pengeluaran tambahan.

Jika hal ini tidak diperhatikan, bisa saja terjadi pemborosan pada keuangan. Biasanya pemborosan terjadi karena tidak bisa mengontrol jumlah pemakaian pada paket data internet yang dimiliki.

Agar tidak semakin boros, berikut beberapa tips yang bisa menghindari Anda menjadi boros dalam penggunaan paket data internet:

1. Memanfaatkan Wifi

Image result for memanfaatkan wifi

Maksimalkan penggunaan fasilitas wifi ditempat Anda, baik itu tempat kerja, kuliah atau tempat biasa berkumpul dengan teman-teman Anda. Dengan memanfaatkan wifi, kuota pada paket data internet tidak akan berkurang, walaupun mengakses aplikasi online yang bisa menghabiskan banyak kuota internet.

2. Matikan Paket Data Internet jika Tidak Digunakan

Jika memang sedang tidak diharuskan mengakses internet, sebaiknya matikan saja dulu paket data internet smart phone. Ini untuk menghindari penggunaan data internet yang tidak diketahui, seperti update aplikasi online yang dimiliki pada smart phone, atau notifikasi-notifikasi lainnya. Selain itu mematikan paket data internet seluler juga dapat membuat daya baterai smart phone juga lebih tahan lama.

3. Alihkan Seluruh Pengaturan Pembaharuan Aplikasi dengan Wifi

Jadi, update baik untuk sistem dan aplikasi online lainnya yang membutuhkan akses internet akan secara otomatis dilakukan jika smart phone terakses dengan Wifi. Dengan begini kuota pada paket internet jumlahnya tidak berkurang dan bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya.

Mau dapat Income sampingan, dan dapat ilmu bisnis online ? disini aja…

4. Mematikan Download Otomatis untuk Konten Gambar/Video/Suara pada Sosial Media

Penggunaan konten seperti gambar, video dan suara adalah hal yang sangat umum dilakukan pada sosial media, namun untuk mengunduh agar bisa melihat atau mendengar konten tersebut dibutuhkan kuota internet.

Oleh karena itu jika memang tidak mau terjadi pengurangan jumlah kuota karena pengaturan unduhan otomatis untuk konten gambar/video/suara, yang tidak diinginkan lebih baik segera dimatikan. Jadi Anda hanya akan mengunduh pada konten yang diinginkan saja.

5. Memiliki Aplikasi Online yang Dibutuhkan Saja

Aplikasi online selain aksesnya yang membutuhkan internet, pembaharuan sistemnya pun membutuhkan internet. Apalagi saat ini banyak aplikasi online yang tidak bisa digunakan apabila update pada aplikasinya tidak dilakukan secara rutin. Oleh karena itu lebih baik menghindari mengunduh aplikasi online yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Prioritaskan aplikasi online yang memang Anda butuhkan untuk sehari-hari.

Gunakan Data Internet Sesuai Kebutuhan

Lakukan perhitungan mengenai berapa kali Anda menggunakan data internet selama sehari, dan coba lihat apakah Anda sudah menggunakannya sesuai kebutuhan atau melebihi porsinya. Jangan sampai biaya membeli paket data internet melebihi biaya kebutuhan yang lebih penting untuk. Bijaklah menggunakan internet sesuai dengan kebutuhan agar terhindar dari pemborosan dalam penggunaan data internet.

Yuk, LIKE dan FOLLOW terus Batam Pop untuk dapat update artikel di fanpage :

 

 

sumber : vemale.com

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%