TKI bermasalah, dilatih Wirausaha Oleh KBRI Kuala Lumpur

0
107

Salah satu pilihan kebanyakan masyarakat untuk mendapatkan penghasilan yang lebih baik yaitu dengan mengikuti program TKI. Menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI), di negeri orang pastinya bukan perkara gampang. Tak bisa dipungkiri, banyak TKI, terutama yang bekerja di Malaysia menghadapi beragam masalah.

Sebagai solusi permasalahan tersebut, Duta Besar RI untuk Malaysia, Rusdi Kirana bersama KBRI Kuala Lumpur meluncurkan program ‘Saya Mau Sukses’.

Peluncuran berlangsung di Balai Besar Pengembangan Latihan Masyarakat, Ciracas, Jakarta Timur, Senin, 4 Desember 2017. Program itu didukung sepenuhnya oleh BRI dalam bentuk dukungan pelatihan hingga pinjaman modal melalui KUR TKI. Selama 14 hari belajar, puluhan TKI angkatan pertama tersebut akan dilatih keterampilan pengolahan makanan (food processing) dan kerajinan tangan (handycraft).

Kepala Perwakilan KBRI Kuala Lumpur, Andreano Erwin mengatakan program tersebut diselenggarakan agar para TKIB tersebut tidak kembali lagi ke Malaysia dan bisa menjadi wira usaha di tanah air.

“Pelaksanaan itu sangat sederhana. Kami melihat banyak tenaga kerja informal atau domestic worker dari Indonesia ke Malaysia yang telah bekerja lama di sini dan kalaupun mereka harus kembali karena satu dan lain hal, ujungnya akan kembali lagi ke sini,” ungkap Andreano Erwin di KBRI Kuala Lumpur, Sabtu (2/12/2017).
“Setiap hari sekurangnya 4 TKI bermasalah masuk ke penampungan KBRI. Jika tidak diberi keterampilan, mereka akan menjadi masalah sosial di kampung halamannya,” sebut Rusdi dalam keterangan pers Direktorat Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kemlu, Senin (4/12).

Jangan Lupa Like dan Follow Batam Pop

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%