Warehouse Segera dibangun BP, Karna Daya Logistik Batam Memadai

0
290

Satu dari agenda kunjungan Menko Perekonomian ke Kota Batam adalah untuk mensupport potensi ekonomi Batam. Darmin Nasution percaya bahwa peningkatan ekonomi Batam dalam dua tahun selanjutnya akan menjadi dua persen. Salah satu upaya untuk meraih gool tersebut perlu menciptakan situasi dan kondisi perekonomian yang lebih pro pada investor salah satunya adalah logistik di Batam

Hl ini karena keberadaan kota Batam, sangat mendukung untuk lebih luas diperkenalkan ke luar Batam, terutama ketersediaan dari bagian pariwisata, industri digital maupun daya tampung logistik.

Beliau menuturkan, hal itu terungkap dari perbandingan logistik terhadap indicator perekonomian mencapai angka 24 persen. Sementara di negara-negara lain, hanya berkisar 12 persen.

“Batam harus memainkan peranan pentingnya terutama dalam hal logistik ini. Sekarang sudah nggak jamannya, butuh barang dari luar negeri seperti Eropa, dikirimnya dari Eropa. Biasanya mereka sudah akan mengumpulkan barangnya di beberapa tempat lain,” tutur Darmin, Sabtu (9/12/2017) malam.

Sebagai wujud mendorong ekspansi logistik, terkait daya tamping Batam, Kepala BP Batam, Lukita mengutarakan dari sudut pandang letak dan lokasi, Batam sangat diuntungkan sebagai posisi strategis. Di samping itu, kelebihan yang dimiliki Batam, yaitu kehadiran bandara internasional beserta pelabuhan-pelabuhan dengan jarak akses yang dekat.

“Jaraknya bersisian satu sama lainnya, dan ini hampir tidak dimiliki daerah lain. ? Oleh karena itu, di masterplan yang baru, kami sudah memaparkan juga soal itu. Bahwa daya tamping logistik di batam menjadi satu andalan yang akan dikembangkan BP Batam,” imbuh Lukita.

Lukita menambahkan, di waktu selanjutnya BP Batam akan menggelar warehouse-warehouse untuk merangkul barang-barang yang akan datang untuk logistik Batam. Spekulasi lain yang dilihat BP Batam, ialah mengenai semakin maraknya bisnis online atau toko grosir logistik  Btam online.

“Toko online seperti Amazon dan lainnya itu punya digital platform?. Tapi tetap saja mereka harus punya fisik platform. Kalau ada order, di sini bisa jadi pusat distribusi barangnya untuk dikirim secara cepat ke beberapa wilayah lain. Yang memungkinkan dalam hitungan jam saja, barang pesanan sudah sampai,” tutur Lukita.

Gagasan dan ide bisnis ini sudah dipaparkan sebelumnya kepada calon pemodal yang akan masuk ke Batam. Apalagi, di era dunia Digital, seorang untuk berbisnis Hotel tidak perlu meiliki hotel, begitu juga dengan peluang bisnis logistik batam secara e-commerce. Untuk inilah yang ditarget BP Batam yakni usaha-usaha kreatif di era digital. Bisnis kreatif inilah perlu ditumbuh kembangkan dan didatngkan ke Batam.

“Embrio industri kreatif sudah ada disini, seperti kinema. Itu juga kita dorong untuk memperbesar arealnya dan terkait bisnis-bisnis digital lainnya” imbuh beliau. Tak terkecuali dari segi pemasaran dan promosi, yang sebelumnya promosi melalui media cetak, namun telah dikalahkan dengan promosi serba digital yang menghadirkan jasa online logistik di Batam.

Disamping itu, ini peluang besar bagi pemodal yang telah atau akan mulai memperluas areal bisnis logistiknya. Sudah saatnya peralihan bisnis konvensional untuk perlu dapat perhatian tersendiri sehingga pengembangan teknologinya bisa dimulai sejak kini.

Jangan lupa like dan follow Facebook kita yahh!!…

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%