WASPADA CUACA EKSTRIM!!

0
133
Ilustrasi efek Siklon Tropis

Waspada cuaca ekstrim melanda sebagian wilayah Indonesia, siklon Tropis Cempaka telah muncul di perairan selatan Jawa Tengah, sekitar 100 kilometer sebelah selatan tenggara Cilacap pada titik 8,6 Lintang Selatan dan 110,8 Bujur Timur. Peristiwa alam ini mengakibatkan hujan deras dan memungkinkan tanah amblas.

Dari histori kajian di atas, cuaca ekstrim Indonesia belum berakhir begitu saja, usai siklon cempaka kini Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menemukan adanya siklon badai baru yang diperkirakan bakal bertemu di barat Sumatera.Lokasinya berada sekitar 535 kilometer sebelah barat daya Bengkulu atau 8,5 Lintang Selatan dan 110,0 Bujur Timur.

Dampak dari bibit siklon tropis ini adalah hujan sedang hingga lebat di sejumlah titik, yakni di pesisir barat Bengkulu hingga Lampung. Kemudian, wilayah Sumatera Barat hingga Lampung, Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat bagian selatan akan terkena angin kencang lebih dari 20 knot. Selain itu, gelombang laut juga akan naik dengan ketinggian 2,5 hingga 4 meter di perairan Kepulauan Nias, dan di Samudera Hindia barat Aceh hingga Kepulauan Mentawai; dan 4-6 meter di perairan Enggano, perairan barat Lampung, Samudera Hindia sebelah barat Enggano hingga Lampung, Selat Sunda bagian selatan, perairan selatan Banten, Samudera Hindia sebelah selatan Banten.

Deputi Bidang Meteorologi, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Mulyono Rahadi Prabowo menyebutkan bahwa bibit siklon baru itu diperkirakan akan semakin menguat, dan berubah menjadi siklon pada Rabu malam. Pihak BMKG memprediksi besok (kecepatannya) sampai tujuh puluh lima (kilometer per jam), dan bias meningkat pada 3 hari berikutnya.

Mulyono menyampaikan, pembentukan siklon tropis itu sangat cepat. Contohnya seperti pembentukan siklon tropis Cempaka.

Pertama kali bibit siklon itu diketahui berada sekitar 9,6 Lintang Selatan, 109,4 Bujur Timur atau sekitar 240 km sebelah selatan barat daya Cilacap pada Minggu (26/11/2017).

Jangan Lupa Like dan Follow Batam Pop

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%