Wow… ada bus anti banjir,, seperti apa ya bentuknya…?

0
85
Siapa yang tidak mengenal bus atau biasa disebut bis sama orang Indonesia, Pernahkah anda melihat bus berjalan di atas air? mungkin kita akan merasa aneh dan tercengang jika melihat hal seperti itu.Kapal atau bis? Pertanyaan ini pasti terlintas ketika melihat bus atau biasa disebut bis dikalangan orang orang asli indonesia yang mengapung di sungai atau di air. Ada juga pertanyaan itu bis kenapa ada mengapung di atas air? apakah kecelakaan atau akan tenggelam atau ada sebab lain? Apakah bis yang sedang mengapung itu perlu pertolongan atau bantuan? semua pertanyaan itu pasti muncul ketika kaget melihat bis ini. Tapi ketika bis/bus itu melaju seperti kapal tanpa hambatan melewati sungai atau air dan melanjutkan perjalanan nya di darat, pertanyaan pertanyaan itu hilang dan berganti bis apa itu?kok bisa? Apa namanya? Yuk, LIKE dan FOLLOW terus Batam Pop untuk dapat update artikel di fanpage :

 

Transportasi adalah salah satu masalah utama kota kota besar di indonesia. Apalagi jika kota kota besar tersebut mengalami banjir. Seperti yang dialami ibu kota jakarta beberapa waktu belakangan ini. Banjir menggenangi jalan jalan protokol jakarta. Nah ini ada terobosan baru transportasi anti banjir guys. nama nya bus ampibi.

Bis ini merupakan kendaraan ampibi komersial pertama di dunia yang bisa dipergunakan untuk mengangkut penumpang melewati jalanan aspal kering maupun yang tergenang air saat banjir, layaknya sebuah bis atau juga kapal laut. Di darat, berjalan di atas empat buah roda, sedangkan ketika berada di air, roda tersebut dimasukkan ke dalam lambung bus (seperti kapal) dan mengapunglah bis tersebut.

Bus anti banjir ini sudah diproduksi di negara Jerman. Bus ini bisa berjalan di jalan raya daratan ataupun di sungai. Pengerjaan bus ini memerlukan waktu 4 tahun lamanya. Sedangkan proyek bus ini sudah dari 15 tahun yang lalu. 

Mau belajar bisnis online dengan cepat dan lengkap? klik disini

Bis yang pertama kali dibuat di Malta, Eropa, ini tergolong bis mewah. Tapi tergantung modelnya juga, ada yang model standar, lux, dan open top. Fitur-fitur bis ampibi yang bisa menampung 50 orang penumpang ini antara lain adalah:

  • Perlengkapan standar layar LCD, pemutar DVD, bagasi, toilet, AC dan penghangat ruangan. Lengkap ya guys, mana ada bus yang lengkap seperti ini? Jadi ga ada bosennya kan bila kita mau naik bus ini keliling kota?
  • ABS ventilated disc brakes, perlengkapan elektrik dan elektronik canggih.
  • Sistem navigasi lengkap antara lain reversing camera untuk penglihatan ke segala arah, sistem komunikasi pilot real time, lampu navigasi, dan pendeteksi kedalaman perairan.
  • GPS sesuai permintaan, bahkan bisa dilengkapi dengan AutoPilot. Hebat banget ya guys…!
  • Perlengkapan keselamatan lengkap seperti medical kit, jaket pelampung, bahkan sekoci. Seperti perlengkapan di kapal laut ya guys, karena bis ini akan berjalan di atas air guys jadi perlengkapan ini juga diperlukan.
  • Kualitas mesin sesuai standar Euro 5 bertenaga jet. Bagaimana canggih kan?
  • Lambung dan bodi menggunakan bahan 6mm Marine Grade Aluminium (standar angkatan laut) yang ringan namun kuat, anti karat, dan tidak bakal bocor.
  • Laju kecepatan bisa mencapai 20 knot di atas air dan 70 mph di darat. Lumayan cepat kan guys?

Sekarang di Jerman sendiri bus ini sudah beroperasi untuk digunakan sebagai pengangkut penumpang, penumpang  sering menyebut bus ini adalah bus ampibi atau river bus.  bus ini bisa menembus air atau berjalan diatas air, jadi tidak takut tenggelam deh kalo banjir tetap bisa beroperasi ya guys. Bagaimana dengan Indonesia ya guys, apakah negara kita juga bisa berinovasi seperti Jerman atau bercermin dari negara panser ini ya.

Setidaknya mungkinkah indonesia tertarik dan berkeinginan untuk memboyong bus ini untuk jakarta yang terkenal akan banjirnya? mungkin bus ini bisa jadi solusi untuk kota jakarta ya guys. Jika bus ini ada di indonesia sepertinya transportasi akan lebih mudah ya guys, mengingat indonesia itu adalah negara kepulauan. Dimana pulau pulau kecil atau pun besar akan lebih mudah dijangkau dengan memanfaatkan bus ini. Dan mungkin sektor pariwisata juga akan bisa ditingkatkan dengan adanya bus ini. Tapi kira kira SIM ( surat ijin mengemudi) yang digunakan untuk mengendarai bus ini SIM tipe apa ya?

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%