Wow! Anak Muda Di Indonesia Menempati Posisi Teratas Dalam Penggunaan Internet

0
43

Pengguna internet yang rata-rata merupakan anak muda menempati posisi teratas, Dari data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). Pada kategori 20-24 tahun ditemukan 22,3 juta jiwa pengguna yang setara 82 persen dari total penduduk di kelompok itu. Sedangkan, pada kelompok 25-29 tahun, terdapat 24 juta pengguna atau setara 80 persen total jumlah jiwa.

“Wilayah pengguna internet terbesar dipegang oleh Jawa dengan 86.339.350, sedangkan wilayah terkecil ialah Maluku dan Papua dengan jumlah 3.330.596,” ujar Sekretaris Ditjen Aplikasi Informatika, Mariam Barata.

Menurutnya, meningkatnya perkembangan pengguna internet di Indonesia memiliki dampak positif antara lain semakin meningkatnya pertumbuhan e-commerce di Indonesia.

Hal ini disebabkan akses yang lebih mudah dan telah memungkinkan siapapun untuk terhubung. Data APJII, di 2016 terdapat 84,2 juta orang melakukan transaksi online dengan nilai transaksi yang diprediksi mencapai USD 4,89 miliar.

“Namun, disaat yang bersamaan, pertumbuhan pengguna yang masif ini membuka ruang yang lebih luas untuk meningkatnya radikalisme digital, jejaring teroris online, berita palsu, ujaran kebencian dan cyberbullying,” tegasnya.

“Bisa dibayangkan apabila generasi penerus bangsa ini tidak cerdas literasi digital. Mereka akan mudah percaya berita-berita hoax yang menyesatkan dan berpotensi untuk memecah belah persatuan. Indonesia pada masa depan hanya akan menjadi mimpi buruk,” jelasnya.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%