Yang Paling Membahaya bagi Wartawan Adalah Negara Suriah.

0
86

Suriah adalah tempat paling berbahaya di dunia bagi wartawan dalam lebih dua tahun ini, menurut Komite Perlindungan Wartawan (CPJ), kelompok kebebasan pers yang bermarkas di New York.

Paling tidak 69 wartawan tewas akibat langsung meliput konflik Suriah sejak konflik mulai terjadi tahun 2011, lapor CPJ. Sebagian besar menjadi korban tembak-menembak atau ledakan, lapor wartawan BBC Mark Doyle. Paling tidak enam wartawan dipastikan secara sengaja dibunuh.

Dan seorang wartawan perempuan Jepang tewas setelah terjebak dalam baku tembak di Suriah, sementara dua wartawan TV Alhurra yang mungkin bersama wartawan tersebut belum ditemukan.

Pembunuhan ini memperlihatkan bukan hanya bukti luasnya kekerasan di Suriah, tetapi juga betapa bahayanya tempat itu bagi para penyiar dan wartawan. Ini juga disebabkan sifat konflik itu sendiri dengan perubahan keberpihakan dan ideologi.

Suriah memang contoh sangat dramatis tentang bagaimana perang dan jurnalisme perang berubah dalam beberapa tahun terakhir pada berbagai tempat di dunia.

 

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%