Mau Tahu, Apa Kelebihan Alat Refrigerated Air Dryer untuk keperluan bisnis Anda..?

0
104

Teknologi mesin pendingin begitu vital perannya terutama bagi perusahaan yang memiliki properti seperti kulkas, freezer atau AC. Mesin pendingin adalah suatu alat yang dirangkai untuk mampu bekerja memproduksi udara dengan suhu atau temperature sejuk maupun dingin. Secara teknis, cara kerjanya adalah “penguapan”, dan memerlukan gas (refrigerant) yang sudah mencapai suhu tertentu (panas). Artinya baik atau rendahnya kinerja mesin pendingin tergantung komponen tersebut.

Sedikit berbeda dengan mesin pendingin, untuk mencapai mutu udara pada sistem air compressor agar menjadi lebih bagus, maka perlu komponen atau alat Air Dryer dalam mekanisme perpipaannya, dan salah satu jenisnya adalah Refrigerated.

Refrigerated air dryer merupakan komponen alat atau mesin yang sering digunakan untuk keperluan pabrikasi atau bengkel pengecatan, atau perusahan industri yang membutuhkan alat salah satunya berfungsi mengeringkan  kandungan air yang ada pada angin dari alat seperti kompresor udara.

Prinsip kerja dari referigrated air dryer adalah menjadikan temperatur udara yang keluar dari compressor bisa lebih mendekati suhu dengan udara luar. Biasanya cara kerjanya adalah dengan menurunkan suhu tersebut. Tujuannya agar tidak terjadi kondensasi dari udara yang keluar dari sistem air compressor, bila udara yang dikeluarkan mengandung air maka ini akan berdampak buruk terhadap kualitas produk yang menggunakan mesin referigrated air dryer, karena yang dibutuhkan adalah udara yang tidak ada kandungan airnya atau kering.

Perusahaan-perusahaan industri atau pabrikan yang memproduksi packaging, elektronik atau yang menggunakan air dryer, memiliki ketergantungan yang tinggi dengan alat ini, referigrated air dryer, karena Apa?. Bisa dibayangkan bila terjadi kerusakan atau mesin referigrated air dryer tidak berjalan normal, bahkan malah mengeluarkan udara yang mengandung air. Hal hasil produk perusahaan tersebut cacat, atau reject. Seperti pengeringan pada pabrik sepatu, bila referigrated air dryer tidak berjalan normal maka sepatu dari pabrik tersebut akan rusak bahannya, warnanya tidak sesuai dan tentunya perusahaan akan mengalami kerugian besar untuk itu.

Biasanya Refrigerated Air Dryer di setel pada komponen perpipaan Tangki udara & pre Filter.Namun perlu diperhatikan agar meletakan pre & after, sebab bertujuan agar kotoran tersaring dan terhindar masuk kedalam mekanisme perpipaan udara. Disamping itu perlu juga menggunakan filter besera auto drain, untuk mengantisipasi bila ada kandungan air keluar dapat dialihkan pada penyaring tersebut.

berdasarkan level kegunanaannya, Refrigrated air dryer ini terdiri dari  jenis refrigerant yang sering di gunakan adalah R22, R12, R304 & R314. Untuk menjaga kelestarian alam, perlu dipertimbangkan penggunaan Refrigerant yang Non CFC sebab selain bisa ramah lingkungan, juga telah terbukti menjaga ekosistem udara.  Namun pada prinsip kerjanya masing – masing refrigrant ini sama saja, yang membedakan adalah titik rendah temperature yang di hasilkan juga sinkronisasi dengan sistem refrigerant compressornya.

Begitu banyak sekali kegunaan dari mesin ini, sebagai contoh pada usaha painting mampu menghindari hasil pengecatan yang kurang bagus, karena adanya percikan air atau kandugan air sehingga hasil dari pengecatan buruk dan menjadikan kerugian bagi perusahaan.

Adapun manfaat lainnya adalah pada alat-alat pneumatic dan sebaginya, mampu menekan  karatan pada mesin tersebut, dikarenakan udara yang keluar sudah disaring melalui refrigerated air dryer itu sehingga kualitas udara yang dihasilkan adalah sangat kering dan bersih.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%