2018, Dunia Komersial Online tetap Menjadi Primadona Pebisnis

0
75

Prestasi yang dicapai dunia komersil online atau lebih dikenal e-commerce cukup mencengangkan dan masih terbilang segar seperti terlihat pada sebagian aktivitas di dunia internet, yakni Hari Belanja Online Nasional, tepatnya pada 12 Desember 2017 dibukukan transaksi senilai Rp 4,7 triiun, sesuai data Nielsen, rata-rata kenaikan  sampai 4,2 kali dari hari biasa.

Setidaknya ada 254 bisnis online yang tergabung pada Harbolnas. Bila dirinci ternyata 68 % pembeli yang bertransaksi adalah konsumen tetap yang sudah terus menerus belanja barang secara daring. Dan hanya 5 % saja pembeli yang melakukan belanja perdananya. Dari keseluruhan pembeli, ada 77 % yang langsung bertransaksi melalui smart phone.

Hasil riset WeAreSocial Digital 2017 Global Overview mengutarakan kesempatan e-commerce di Indonesia masih terbuka lebar, karena sentuhan terhadap internet sudah sampai angka 65 %, yang terdiri dari 41 % telah beraktivitas transaksi dunia maya sampai penghujung 2016, dan 33 % sudah menjadikan bisnis elektronik komersil sebagai toko online.

Disamping itu bila dicermati angka kenaikan bertumbuhnya e-commerce sudah pada posisi 155 persen year to year (YoY) yang diakses oleh konsumen terutama melalui aplikasi mobile. Hal ini senada dengan yang disampaikan oleh Donald wihardja, Wakil Ketua Amvesindo & Partner of Convergence, “Indonesia sebagai negara berkembang telah menjadi bangsa dengan pertumbuhan penetrasi tercepat didunia” pungkas Donald.

Dia, memperkirakan, untuk waktu jangka menengah perluasan pasar terkait produk fesyen secara teratur telah sampai angka 12 %. Artinya apa, bahwa prospek dunia bisnis di Indonesia, faktanya masih dirajai oleh bisnis komersil internet atau e-commerce. 3 unit bisnis dengan pendapatan tertinggi di Indonesia terkonsentrasi pada sektor transaksi elektronik atau online diantaranya Go-Jek dengan pendapatan 1,2 miliar dollar AS di Juni 2017 lalu, disusul Tokopedia dengan angka 1,2 miliar dollar AS dan ketiga Traveloka dengan perolehan investasi senilai 450 juta dollar As.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%