4 Kesalahan Berbelanja Yang Sering Terjadi, Mungkin Salah Satunya Sudah Anda Lakukan!

0
84

Sudah menjadi suatu kebiasaan, masyarakat di berbagai kalangan, kalo keinginan untuk shopping diiringi dengan hati suka ria. Secara psikologis, situasi ini mendukung dari target penjualan yang diinginkan oleh toko-toko dimanapun.

Sering kita temui, saat melewati toko yang niat awal tak bermaksud pengen belanja, akan tetapi karena ulah si karyawan toko, rayuan mautnya, dan berakhir pada berubahnya keinginan kita mau beli barang toko tersebut. Nah inilah kesan pertama Anda masuk jebakan penjual toko.

Ingin tahu lebih lanjut, apa saja sih kesalahan yang dominan Anda lakukan tanpa Anda sadari meskipun sesaat kelihatannya Anda mendapatkan untung, namun justru kenyataannya malah menjadikan Anda tekor. Berikut ini 4 kesalahan yang sering Anda lakukan :

  1. Diskon Besar-besaran menjadi Alasan Anda Membeli

Pembeli mana yang tak tertarik dengan adanya potongan harga?. Secara langsung maupun tak langsung, membeli barang yang dikarenakan potongan harga besar-besaran tentunya ini menjadikan finansial Anda tidak seimbang secara organik.

Hal ini mengapa? Karena bila barang yang telah diambil dari toko ternyata  tidak diperlukan maka akan sangat sia-sia sekali kemanfaatannya.

2. Membeli benda-benda unik karena terpesona

Benda-benda yang berkualitas, apalagi ada diskon pula, terbukti menjadi perhatian dan menjadikan hati terpincut untuk dimiliki dengan membeli. Betul, tak? Keterpesonaan ini juga mempengaruhi keuangan Anda menjadi tidak stabil. Bisa Anda ilustrasikan bila Anda tergoda pada lima barang sekaligus, sementara kebutuhan Anda hanya satu produk saja. Intinya sebelum memutuskan membeli barang tersebut,  Anda tentukan lbih dahulu, dari segi apa manfaat dari benda tersebut. Bila Anda membeli hnaya karena tertarik, inilah kesalahan fatal Anda.

3. Menggunakan Kartu Kredit untuk membeli Barang

Kartu kredit yang digunakan untuk berburu barang diskon bukan masalah yang kecil. Namun, diakhir nanti jumlah tagihan kartu kredit akan mengalami kenaikan yang tak terkontrol atau membengkak.

Mengapa?, karena kartu kredit adalah senjata ampuh saat bertransaksi. Transaksi yang dilakukan juga lebih praktis dengan kartu kredit, termasuk saat membeli barang dan sudah menjadi gaya hidup.

Baca Juga tulisan : Sudahkah Anda mendapatkan 4 Keuntungan Besar dari cerdas Berinvestasi?

Olah Karena itu, Anda perlu lebih teliti lagi sebelum menggunakan Kartu Kredit. Pastikan barang diskon tersebut barang yang dibutuhkan mendesak dengan manfaatnya lebih nyata. Sehingga Anda tidak terjebak pada pilihan yang Anda putuskan yang justru memperparah daftar kesalahan yang Anda lakukan dalam membeli barang ditoko.

4. Tanpa Perhitungan, Anda  memangkas pengeluaran rutin

Hmapir sebagian dari kita yang sering nekat memangkas pengeluaran rutin hanya untuk alasan belanja. Misalnya, biaya makan per hari Rp 95 ribu dipangkas menjadi Rp 60 ribu. Sisanya, ditabung untuk persiapan berbelanja yang sudah terjebak dari rayuan si penjual toko.

Untuk berhemat keuangan Anda, sah-sah aja hal itu dilakukan pada beberapa jenis biaya. Namun akan lebih bijak, bila sisa uang tersebut digunakan bukan untuk kepuasan nafsu semata. Semoga 4 kesalahan yang sering Anda lakukan ini, mampu menjadikan finansial Anda lebih kuat dan tahan, karena kesalahan berbelanja adalah jurang finansial yang jauh dari gaya hidup investasi yang lebih produktif.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%