9 Fakta Unik Kota Batam, Nomor 9 Paling Mengejutkan!!

0
2036

Bila ditanya mengenai kota yang paling unik di Indonesia, tentu setiap orang akan mempunyai jawabannya tersendiri. Termasuk Batam juga menjadi salah satu jawannnya, bukan ?

Kota Batam dikenal sebagai kota yang bedekatan langsung dengan negara Singapura. Kota Batam juga dikenal dengan sebutan Kota Industri ini memiliki sejumlah keunikan.

1. Jembatan Barelang/Habibie

Sama halnya seperti Monas di Jakarta, Jembatan Barelang menjadi ikon dari Kota Batam. Ada enam jembatan yang menghubungkan sejumlah pulau dengan pulau Batam. Diantaranya Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Setoko, Pulau Rempang, Pulau Galang, dan Pulau Galang Baru.

2. Batam Mempunyai Siaran Televisi Tiga Negara

Fakta unik lainnya yang ada di Batam adalah siaran televisinya. Tidak seperti siaran televisi lainnya yang hanya siaran lokal dan nasional, di Batam kita akan mendapati siaran televisi luar negeri. Tidak memakai alat khusus, layanan seperti ini bisa didapatkan dengan antena biasa bahkan in door alias dalam rumah.

Mengapa demikian, tak lain karena Batam yang berdekatan dengan Negara Singapura dan Malaysia. Lantaran jarak yang tidak jauh, akhirnya kota ini semacam kecipratan sinyal saluran dari negara tetangga. Alhasil, warga Batam pun bisa menikmati siaran luar negeri dengan gratis. Sesuatu yang jarang didapatkan di kota lain, kan?

3. Tidak Mempunyai Sungai

Batam merupakan kota dengan sumber air baku yang sangat terbatas. Walaupun mempunyai banyak wilayah dengan awalan Sei/Sungai – seperti Sei Panas, Sei Ladi, Sei Lekop, Sei Harapan tidak ada aliran air yang menghampar di Kota Batam seperti halnya Ciliwung, Cisadane, dan Citarum. Sungai di Batam hanyalah sebuah nama.

Kota yang berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia itu juga tak memiliki mata air alami karena tidak mempunyai gunung. Hanya mempunyai bukit-bukit berbatu yang berjejer di beberapa titik kota. Untuk memenuhi kebutuhan air bersih, Batam membangun enam waduk, salah satunya Waduk Duriangkang yang berkapasitas 78.180.000 m3. Waduk tersebut sempat menjadi waduk terbesar di Asia Tenggara, sebelum kalah besar dengan waduk yang dibangun oleh Singapura.

4. Miliki Studio Film Terbesar di Indonesia

Meskipun memilik lokasi yang cukup jauh dari ibukota, industri film di Batam cukup menggelitik. Hal itu berkat Infinite Studios yang merupakan perusahaan film ternama diarena internasional. Perusahaan tersebut memproduksi film animasi berkelas dunia . Selain itu, menawarkan tempat shooting untuk beragam film, baik indoor maupun outdoor. Tak sedikit film nasional dan mancanegara yang mengambil gambar di lokasi tersebut – termasuk film Holywood. Apalagi Infinite Studios Batam memiliki studio indoor terbesar di Indonesia.

5. Landmark Welcome to Batam

Selain mempunyai landmark Jembatan Barelang, Kota Batam juga mempunyai landmark “Welcome to Batam”. Tulisan besar yang terbuat dari beton dengan anggaran sekitarRp472 juta dari APBD Kota Batam.

6. Kabel Listrik Bawah Tanah

Di Batam sangat sulit menjumpai tiang listrik. Jaringan listrik di Batam sudah tertanam di dalam tanah. Sehingga kota Batam terlihat lebih rapi karena tidak terlihatnya rangkaian-rangkaian kabel listrik yang biasanya terlihat berantakan.

7. Elektronik Murah

Image Batam juga dikenal dengan tempatnya Electronik Murah yang hingga kini masih melekat kepada Batam, padahal tidak benar lagi. Kini Harga electronik di Batam sudah hampir sama dengan di Jakarta hanya beda tipis saja harganya.

8. Daerah Nagoya

Suatu wilayah yang bernama Nagoya yang ada di Kota Batam yang mempunyai keunikan dengan terdapat banyaknya konter-konter money changer di sana.

9. Surganya Belanja Tas Branded

Selain kota sejuta ruko, kota Batam juga dijuluki sebagai Surga Belanja Tas Branded. Anda akan sangat mudah mendapati atau menemukan tas-tas branded replika dengan harga yang sangat terjangkau.

Itulah 9 fakta unik di Kota Batam. Kota Batam merupakan kota kecil yang tetapi dengan kota yang kecil ini, Batam memiliki segudang keunikan dan daya tarik tersendiri yang mungkin ada lagi keunikan-keunikan yang belum kita ketahui.

Leave your vote

-3 points
Upvote Downvote

Total votes: 3

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 3

Downvotes percentage: 100.000000%