Bahaya Memotong Kuku Kaki Yang Terlalu Pendek

0
545

kebersihan memang sangatlah penting, tetapi jangan sampai kebersihan itu juga mengakibatkan fatal kepada kita. Ada yang pernah melihat orang yang Cantengan ?. Itu loh akibat dari memotong kuku kaki terlalu pendek. Cantengan atau paronchia adalah infeksi pada jaringan lunak kuku.

Tapi, tahukan Anda bahwa memotong kuku terlalu pendek itu sangat berbahaya? Ini beberapa bahayanya :

1. Nyeri

Memotong kuku terlalu pendek bisa memicu munculnya peradangan di area antara batas kuku yang menempel pada kulit. Akibatnya, muncul rasa sakit atau nyeri di sekitar area tersebut.

2. Infeksi hingga cantengan

Setelah dipotong, lambat laun kuku akan tumbuh kembali. Bila dipotong terlalu pendek, pertumbuhan kuku selanjutnya dikhawatirkan malah akan tumbuh ke dalam dan menusuk area kulit sehingga membuat kulit di sekitar kuku menjadi terluka. Karena mudah menyimpan kotoran, ditakutkan akan terjadi infeksi pada luka tersebut. Kasus yang biasa terjadi, luka tersebut akan disertai dengan nanah. Luka seperti ini biasa disebut cantengan.

3. Bau busuk

Selain sakit, cantengan juga menebarkan bau busuk. Itu merupakan salah satu pertanda bahwa tingkat infeksi yang terjadi sudah semakin serius.

Pada cantengan yang cepat dilakukan penanganan, umumnya masih dapat disembuhkan tanpa tindakan operasi seperti pengangkatan kuku. Penanganannya berupa pemberian antibiotik minum, salep dan merendam di dalam air hangat. Bila dengan cara ini tidak berhasil maka dipertimbangkan untuk dilakukan drainase pengeluaran nanah dengan atau tanpa pencabutan kuku. Selama dasar kuku sebagai sumber untuk pertumbuhan kuku tidak rusak maka kuku dapat tumbuh kembali normal secara perlahan. Kuku akan tumbuh secara penuh dalam waktu sekitar 6 bulan. Namun Anda tidak perlu khawatir karena proses penyembuhan setelah pencabutan kuku tanpa komplikasi berlangsung cepat, hanya dalam waktu sekitar 1-2 minggu maka nyeri sudah berkurang dan Anda dapat beraktivitas seperti biasa. Bila kuku pada jari kaki, sebaiknya menghindari penggunaan sepatu untuk sementara waktu. Untuk mencegah berulangnya cantengan antara lain:

  • Tidak memotong kuku terlalu pendek.
  • Hindari kebiasaan mengorek bagian sisi kuku.
  • Tidak memakai sepatu yang terlalu sempit.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%