Detik-detik Gunung Agung Akan Meletus di Bali.

0
154

Gunung Agung di Bali hari ini, Senin (27/11/2017) mengalami erupsi. Ini hal-hal yang harus dilakukan jika traveler berada di sana. Traveler tidak harus panik, serta khawatir berlebihan jika berada dalam kondisi tersebut, Hanya saja sangat perlu dilakukan untuk menjaga diri sebelum terjadinya gunung Agung meletus dahsyat.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho mengimbau masyarakat yang berada di sekitar Gunung Agung menjauhi dari lokasi bencana erupsi gunung tersebut. Erupsi Gunung Agung menimbulkan kepulan abu tebal setinggi 2.000 hingga 3.400 dari puncaknya. Tingkat erupsi gunung api ini sekarang meningkat dari fase freatik ke magmatik sejak teramati sinar api di puncak di malam hari.

“Masyarakat sekitar Gunung Agung agar waspada dari ancaman banjir lahan dingin (lahar hujan). Jika hujan di bagian hulu, segera menyingkir dari sekitar sungai,” ujar Sutopo. Sutopo menerangkan semakin sering sinar api terlihat di puncak gunung, maka gunung itu akan semakin berpotensi meletus lebih besar dari sebelum-sebelumnya.

Ini adalah permulaan dari banjir lahar hujan. Material piroklastik erupsi Gunung Agung akan terus bertambah. Hujan akan meningkat selama musim penghujan. Potensi banjir lahan hujan akan meningkat. Untuk sementara waktu menunggu detik-detik gunung Agung meletus perlu menghindari diri melakukan aktivitas di sungai, terutama bagi penggemar mancing ikan.

Ledakan di puncak gunung kadang terdengar hingga radius 12 kilometer. “Kepulan abu yang menerus, kadang-kadang disertai erupsi eksplosif disertai suara dentuman lemah yang terdengar sampai jarak 12 km dari puncak. Sutopo menjelaskan saat ini pihaknya sedang berkoordinasi dengan Polri-TNI, Basarnas, Kemenpupera, Kemensos, Kemenkes, Kemenhub, BUMN untuk medampingi Pemda dalam penanganan erupsi Gunung Agung.

Jika Anda punya usaha atau jasa yang ingin di infokan dan ingin diliput secara GRATIS di BatamPop, silahkan Hubungi :

Admin : 0812 6156 3330

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%