Disnaker, Serahkan 20 unit Modul Praktek Hidroponik

0
94

Memaksimalkan potensi masyarakat lokal dengan pelatihan wirausaha adalah upaya tepat untuk menekan akan terbatasnya ketersediaan lapangan kerja baru. Sesuai dari program Kementerian Tenaga Kerja Ditjen Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja, melalui Disnaker Kota Batam, telah menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Wirausaha Hiroponik untuk 20 warga yang berasal dari berbagai kecamatan se Kota Batam.

Diawali dengan pengidentifikasian sumber daya alam setiap kecamatan di Kota Batam, kemudian dilanjutkan dengan seleksi warga yang akan diikutsertakan oleh Pihak Pendamping,  Dinas Tenaga Kerja Kota Batam dalam hal ini Bidang  Pembinaan Penempatan & Perluasan Kesempatan Kerja menjadwalkan pelatihan Hidroponik yang terdiri dari 2 hari dalam ruangan dan 1 hari dilapangan.

“Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah menciptakan wirausaha baik yang baru maupun yang telah memiliki usaha atau sedang berkembang, sehingga diharapkan kedepannya bagi wirausaha yang telah berkembang maju dapat menyerap tenaga kerja baru lagi” papar Syafriadi, Kepala Bidang Pembinaan Penempatan & Perluasan Kesempatan Kerja saat penyerahan modul praktek hidroponik jum`at lalu (12/1/2017).

“Kegiatan pelatihan ini terdiri dari dalam ruangan selama 2 hari dengan materi motivasi, diberikan oleh instruktur pelatihan untuk membangun semangat wirausaha bagi peserta, dan juga materi administrasi keuangan, sehingga peserta mampu mengerjakan pembukuan usaha dengan baik dan benar, karena pembukuan usaha merupakan urat nadi usaha itu” imbuh Syafriadi

Sebagaimana misi dari Dinas Tenaga Kerja Kota Batam “ tersedianya tenaga kerja yang kompeten dalam rangka menciptakan hubungan indsutial yang harmonis” program di atas cukup berarti terutama bagi masyarakat kota Batam yang masih tergolong pengangguran atau setengah menganggur.

“Adapun sasaran dari pelaksanaan pelatihan ini adalah bagi masyarakat tenaga kerja rentan seperti masyarakat menganggur dalam waktu lama, setengah menganggur, maupun warga yang gagal berangkat sebagai TKI, sepanjang secara fisik mereka mampu untuk mengelola bisnis atau hasil pelatihan usaha tersebut” ungkap Syafriadi.

Untuk lokasi workshop, atau praktek dilapangan Pelatihan Hidroponik oleh Disnaker ini bekerja sama dengan Usaha Hidroponik milik Dodik, yang beralamat di Cendana Batam Center. Setelah kegiatan penyerahan Modul Praktek Hidroponik sebanyak 20 unit  secara simbolis, agenda ditutup dengan panen sayuran hidroponik dengan berat rata-rata 3- 4 ons perlubangnya.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%