Eits ! Menyimpan makanan di kulkas gak boleh asal lho. Ini ada caranya

0
170
Young woman picking fruit from bridge

Kenapa sih sudah di masukkan ke kulkas kok tetap gak awet ? Duhh. Ternyata selama ini dalam menyimpan makanan ada cara-caranya. Jika kamu asal-asalan menyimpannya, justru itu yang membuat bahan makanan kamu cepat rusak.

Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menyimpan makanan seperti: Bagaimana cara mencegah makanan agar tidak rusak atau basi, tipe wadah makanan yang digunakan, dan berapa lama makanan bisa bertahan di dalam kulkas atau freezer.

Nah, hal-hal tersebut yang harus diperhatikan. Berikut ini caranya agar makanan kamu awet.

Daging, Ikan, dan Unggas

Image result for penyimpanan Daging, Ikan, dan Unggas di kulkas

Untuk menjaga daging, ikan, dan unggas agar tetap segar, biarkan mereka tetap tertutup rapat di dalam kemasannya ketika dibeli dari swalayan. Namun tak ada salahnya juga jika Anda membungkus ulang daging dengan plastik bungkus PP (Polypropylene) untuk mencegah makanan terkena bakteri berbahaya.

Jika daging tidak dibungkus dengan alas styrofoam, Anda bisa memberi alas piring terlebih dulu sebelum dibungkus.

Produk olahan Susu

Image result for penyimpanan Produk olahan Susu

  • Biarkan keju, yogurt, krim asam, susu, dan butter di dalam wadah kemasan ketika dibeli. Namun ketika sudah memindahkan susu ke dalam teko minuman atau krim ke dalam mangkuk, jangan kembalikan lagi ke wadah kemasan. Supaya tetap steril, bungkus rapat mangkuk penyajian atau ujung teko dengan plastik bungkus PP.
  • Letakkan keju padat di wadah tertutup yang rapat sampai Anda ingin menggunakannya. Jika ingin disimpan kembali, bungkus dengan alumunium foil atau plastik makanan.
  • Kemasan botol susu plastik relatif lebih steril daripada kemasan karton. Bakteri bisa berkembang di sekat kardus dan bisa masuk ke dalam gelas setiap kali Anda menuangkan susu ke dalam gelas. Meski demikian, selagi Anda mengonsumsi susu sesuai jangka waktu yang ditentukan maka susu kemasan karton masih terbilang aman untuk dikonsumsi.

Buah dan Sayur-Mayur

Image result for penyimpanan Buah dan Sayur-Mayur di kulkas

  • Simpan buah dan sayuran terpisah sesuai dengan jenisnya masing-masing. Misalnya, apel dengan apel, wortel dengan wortel. Buah dan sayuran bisa mengeluarkan gas yang berbeda dan merusak kualitas antara satu dengan yang lainnya.
  • Simpan buah dan sayuran yang cepat mengering pada wadah plastik berlubang atau tidak tertutup rapat. Tujuannya agar tetap lembab dan membuat sirkulasi udara di permukaan buah terjaga.
  • Jangan mencuci sayur dan buah segar sebelum disimpan ke dalam kulkas. Sisa air yang menempel bisa membuat permukaan lembab dan membuatnya melembek dan cepat busuk.

Makanan Sisa

Image result for penyimpanan Makanan Sisa di kulkas

  • Simpan semua makanan sisa di wadah kontainer yang tertutup rapat atau dibungkus rapat dengan plastik makanan.
  • Letakkan sisa makanan di wadah yang lebih kecil agar lebih cepat mendingin. Beberapa jenis bakteri dan jamur ada yang bertahan dalam proses pemasakan dan bisa berkembang biak jika makanan disimpan di suhu ruangan terlalu lama.
  • Simpan makanan sisa di dalam kulkas dalam waktu dua jam setelah memasak. Anda tak perlu menunggu masakan panas menjadi suhu ruangan sebelum dimasukkan ke dalam kulkas karena kulkas moderen bisa mengendalikan suhu dengan baik.
  • Jangan memasukkan makanan sisa seperti saus atau makanan lain yang ada di dalam kaleng. Ketika makanan kaleng dibuka, partikel logam yang terbuka bisa menempel ke makanan dan meninggalkan rasa logam.
  • Jangan mengisi kulkas terlalu penuh. udara dingin di dalam interior kulkas harus mengalir lancar untuk menjaga makanan di suhu yang aman.

Nah itu dia cara-caranya, jadi kamu harus lebih perhatikan ya bagaimana menyimpan makanan di kulkas.. jangan sembarangan masukin loh.. Biar awet makananmu. Semoga artikel ini bermanfaat ya Sahabat.

 

Yuk, LIKE dan FOLLOW terus Batam Pop untuk dapat update artikel di fanpage :

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%