Hati-hati dengan orang Kidal…

0
135

Ayo yang merasa kidal angkat tangan. He..he..he.. Pernah nggak kamu bertanya-tanya mengapa beberapa orang jago matematika dan segala yang berhubungan dengan angka, sedangkan beberapa yang lain mampu berpikir secara kreatif? Ternyata jawaban dari pertanyaan-pertanyaan itu bisa dilihat dari kecenderungan seseorang menggunakan tangan kanan atau kirinya untuk beraktivitas. Sebuah riset memang menunjukkan bahwa aliran di otak secara tidak langsung mengontrol kecenderungan tersebut.

Di Indonesia sendiri mayoritas orang lebih banyak menggunakan tangan kanan. Bahkan jika seseorang memakai tangan kiri untuk makan atau bersalaman akan dianggap tidak sopan. Meski hanya 12 persen dari seluruh populasi di dunia adalah orang kidal, tapi kamu tidak boleh meremehkan mereka karena sebetulnya orang-orang ini adalah orang-orang yang istimewa lho! Penasaran apa saja yang membuat mereka beda dari kebanyakan orang normal? Simak yuk!

Orang-orang kidal lebih jago olahraga! Buktinya beberapa olahragawan terkenal ternyata kidal

Penelitian di Perancis mengungkapkan bahwa orang kidal cenderung memiliki keunggulan fisik dibanding yang tidak kidal. Hal ini membuat mereka lebih jago olahraga seperti tenis, baseball, tinju, atau berenang. Buktinya hampir 40 persen pemain tenis terkenal adalah orang-orang kidal. Salah satunya adalah Rafael Nadal yang memenangkan 14 kejuaraan Grand Slam.

Beberapa tokoh-tokoh dunia ternyata orang-orang kidal lho!

Barrack Obama via answersafrica.comLima presiden Amerika yang cukup terkenal ternyata kidal lho, termasuk Barrack Obama. Empat yang lain adalah Gerald Ford, Ronald Reagan, George H.W. Bush, dan Bill Clinton. Ilmuwan ternama seperti Albert Einstein, Michaelangelo, dan Leonardo da Vinci ternyata juga lebih dominan menggunakan tangan kiri mereka untuk beraktivitas. Napoleon Bonaparte, Ratu Elizabeth II, Pangeran William, Winston Churchill, Tom Cruise, Morgan Freeman, Judy Garland, Bob Geldof, Jimi Hendrix, dan Sir Paul McCartney, juga termasuk deretan orang-orang terkenal yang kidal. Hal ini bisa juga dikaitkan dengan penelitian yang menemukan bahwa orang-orang kidal cenderung mampu mengelola informasi lebih cepat karena terbiasa menggunakan kedua otaknya. Selain itu mereka juga diketahui memiliki daya ingat lebih tinggi dan multitasking.

Kebanyakan orang kidal memiliki IQ di atas rata-rata dan digolongkan orang cerdas

Karena kemampuan otak mereka yang tidak biasa, kebanyakan dari mereka memiliki IQ tinggi. Walaupun populasi mereka hanya 12 persen dari total penduduk dunia, tapi 20 persen dari seluruh anggota MENSA (organisasi orang dengan IQ tinggi di Inggris), adalah kidal.

Percaya atau tidak, orang-orang kidal mampu mengetik lebih cepat lho!

Sebuah studi menemukan fakta bahwa orang kidal mampu mengetik jauh lebih cepat. Dengan keyboard QWERTY standar, mereka mampu menghasilkan 3400 kata hanya dengan menggunakan tangan kiri. Sebagai perbandingan, orang tidak kidal hanya mampu mengetik 450 kata dengan tangan kanan. Luar biasa ya!

Karena selalu memulai sesuatu dari sisi kiri, orang kidal ternyata lebih cenderung unggul dalam peperangan

Penyebabnya adalah strategi perang yang tidak biasa. Lawan yang cenderung belajar taktik perang menggunakan perpektif kanan menjadi hal menguntungkan bagi orang-orang kidal. Pertarungan dari sisi kiri menjadi kurang umum dan jarang dipersiapkan. Ini berlaku juga dalam bidang olahraga lho! Jadi hati-hati jika lawan kamu orang-orang kidal :p

Ternyata DNA berpengaruh terhadap kecenderungan kita menggunakan tangan kanan atau kiri lho!

Jika kedua orangtuanya termasuk kidal, ada 26 persen kemungkinan anak mereka juga kidal. Pada 2006, dari sebuah studi pada 25 ribu keluarga, sebanyak 24% dari anak mewarisi sifat kidal dari orangtuanya.

Itu dia fakta-fakta menakjubkan dari orang-orang kidal. Meskipun kelompok kidal tergolong minoritas, jangan diremehkan ya! Biar bagaimanapun kita harus menghargai perbedaan.
Nahh, boleh berbangga diri sekarang yang kidal ya, nggak perlu minder lagi. Be your self. kalau sudah tahu jangan lupa di share supaya orang kidal yang masih minder ikut berbangga diri.

Sumber : Hipwee

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%