Ini dia… 6 tempat wisata di Batam yang terkenal dan berbagai kuliner yang ada di kota Batam

0
138

Sebagian besar masyarakat yang tinggal di Batam, tentunya sudah tau dong tempat-tempat berikut?? tapi pernah ga kita menyadari bahwa di setiap tempat yang kita kunjungi ada sesuatu yang belum kita ketahui,,,,???

Batam adalah kota yang memiliki lokasi sangat strategis, letaknya di tengah jalur pelayaran dan dekat dengan Negara Malaysia dan Singapura. Nah, selain lokasi yang menguntungkan, Batam pun memiliki bermacam destinasi wisata yang tentunya menarik untuk kita kunjungi. Apa saja? Berikut ulasannya.

  1. Jembatan Barelang

Tempat wisata di Batam yang pertama adalah Jembatan Barelang. Jembatan Barelang merupakan jembatan yang merupakan ikon dari kota Batam. Jembatan ini menghubungkan beberapa pulau, yaitu Pulau Batam, Rempang, dan Galang. Tujuan pembangunan jembatan ini adalah agar industri jadi lebih maju.

Jembatan ini sering juga disebut Jembatan Habibie karena beliau adalah orang yang merencanakan pembangunan jembatan pada tahun 1992. Jadi jika anda berkunjung ke Batam, wajib mengunjungi Jembatan Barelang ini.

Selain panorama sekeliling yang indah, lautan biru, dengan kapal-kapal di bawahnya dan juga terdapat banyak penjaja makanan di sekitar jembatan tersebut. Diantaranya adalah jagung bakar, rujak, sampai dengan kuliner bakso pun tersedia. Paling enak berkunjung kemari menjelang sore karena tidak terlalu panas. Dan lebih baik bawa camilan sendiri saja, jadi tak usah mencari-cari makanan lagi sesampai di sana. Duduk di Jembatan Barelang sambil merasakan hembusan angin yang sepoi-sepoi dan panorama yang cantik. Menyenangkan dan jadi pengalaman yang tak terlupakan.

  1. Pantai Marina

Pantai ini adalah salah satu destinasi wisata di Batam yang populer. Pantai Marina tak hanya berfungsi sebagai kawasan wisata saja melainkan juga pelabuhan kapal ferry. Pantainya menawan dengan taman hijau yang dapat dipakai sebagai arena permainan anak-anak.

Di sekeliling Pantai Marina terdapat banyak penjual makanan dan minuman jadi tidak perlu membawa bekal dari rumah. Selain itu jika ingin menginap, tersedia hotel dengan harga murah sampai kelas kakap yang bisa dipilih di sekitar Pantai Marina.

Tempat ini sangat pas untuk pilihan wisata bersama keluarga. Harga tiket dipatok Rp 6000,- dewasa dan Rp 3000 untuk anak-anak.

  1. Ocarina

Ancol versi batam, ya, Ocarina Park. Berdiri di atas lahan seluas 40 hektar dan dibuka tahun 2008. Ocarina banyak menyedot pengunjung untuk datang. Tempat wisata di batam ini cukup menarik perhatian wisatawan, dengan banyak fasilitas yang disuguhkan juga dilengkapi dengan pemandangan yang tak kalah indahnya.

Di sini tersedia beragam wahana permainan yang cocok bagi anak juga dewasa. Selain permainan yang beragam dan lengkap, Ocarina juga sering dipakai sebagai tempat menggelar acara besar, contohnya konser musik.

  1. Pantai Melur

Salah satu tempat wisata di Batam yang juga tak kalah terkenal adalah Pantai Melur. Pantai ini memiliki panorama yang indah, hamparan pasir putih membentang, pepohonan di sekelilingnya, juga air laut biru jernih. Semuanya ada di sini.

Sekarang juga ada wahana permainan air seperti banana boat yang ditawarkan di Pantai Melur. Ombaknya yang tenang dengan angin semilir menciptakan suasana damai dan rileks. Jadi bagi yang ingin menenangkan pikiran dan tubuh, bisa datang kemari.

  1. Pantai Nongsa

Lokasi pantai ini ada di arah timur laut Batam. Nongsa merupakan salah satu kecamatan yang ada di Batam dan terkenal memiliki pantai yang indah bernama Pantai Nongsa. Butuh waktu kurang lebih 15 menit dari bandara untuk mencapai pantai ini.

Di Pantai Nongsa kita bisa bermain-main dengan ombak yang kecil dan menyusuri pasir putih yang luas. Keunikan pantai ini adalah kita bisa melihat dari tepi pantai Negara Singapura dengan jelas. Pantai ini indah sekali di malam hari.

Di sekitar pantai ada banyak penginapan dan hotel bertaraf internasional. Jadi bagi yang ingin lebih lama tinggal, bisa memilih hotel yang sesuai selera anda.

  1. Kampung Vietnam

Kampung Vietnam letaknya di Pulau Galang dan tidak ada penghuninya. Pasalnya ini adalah kampung bekas para pengungsi Vietnam dahulu tinggal. Para pengungsi Vietnam yang sering disebut dengan manusia perahu dulu pernah mengungsi di Pulau Galang dikarenakan konflik internal. Nah, pemerintah hanya mengijinkan para pengungsi untuk tinggal sementara saja.

Satu per satu dari mereka dipulangkan ke asalnya dan sekarang tak ada lagi penghuni di sini. Walaupun sudah merupakan kampung kosong, tempat ini selalu ramai pengunjung karena daerah dan tempat yang ada di sana masih sama seperti dahulu dan belum ada yang berubah termasuk juga peninggalan para pengungsi.

Kuliner Kota Batam

  1. Sup ikan Batam

Batam terkenal dengan makanan laut yang segar. Salah satunya adalah sup yang lezat ini. Sup dapat dipesan hanya sup ikan saja atau sup ikan dengan tambahan lain berupa sotong, udang, sayuran, dan sebagainya. Bahan utamanya adalah daging ikan kakap.

  1. Ayam Bawang

Kuliner ini kaya akan bawang putih. Ayam goreng dengan rasa asin dan kriuk ini tak terlalu berminyak dan dapat ditemukan di hampir semua restoran kota Batam. Paduan bawang putih dan ayam seimbang dan paling enak dimakan pakai nasi hangat dicocol sambal.

  1. Otak-otak

Otak-otak sangat terkenal sebagai camilan di Batam. Campuran dari daging ikan dan sagu juga beberapa bumbu pelengkap ini sangat enak dinikmati. Bentuk yang mungil dengan balutan daun kelapa dan dimasak dengan cara dibakar. Aromanya jadi beda dan tentunya lezat.

  1. Mie Lendir

Mie ini termasuk dalam mie rebus dengan siraman kuah kacang kental. Kuah kacangnya terbuat dari kacang tanah goreng plus rempah-rempah seperti, jahe, bawang putih, bawang merah, dan lengkuas. Semuanya menghasilkan rasa manis gurih agak kental seperti lendir dengan mie lembut.

 

Bagi anda yang sudah mengetahui tempat-tempat tersebut dan yang sudah mencicipi kuliner yang khas dan terkenal di Batam,,, boleh dong kasih komennya, dan bagi anda belum tau tempat tersebut atau belum pernah mengunjunginya,,,, yuk ajak teman2 anda untuk menikmati wisata2 indah yang ada disekitar batam….. dan juga sekalian menikmati berbagai macam kuliner yang ada di Kota Batam.

 

Sumber : tempat wisata unik.com

 

 

 

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%