Ini dia 5 Tren Teknologi yang Bakal Ganti Wajah Dunia Sepanjang 2018

0
179

Tak terbendung lagi…!. Inilah kalimat yang tepat untuk menterjemahkan betapa begitu hebatnya pertarungan perkembangan tren teknologi. Satu hal yang menjadi parameter keberhasilan kemajuan teknologi menjadi tren adalah bahwa telah mampu mengganti wajah dunia, lalu tren teknologi seperti apa yang bakal gantikan wajah dunia di tahun 2018…?

Adanya Kenaikan Datafikasi Kehidupan Online

Tak terelak lagi populasi manusia didunia berbanding lurus dengan penggunaan aplikasi yang berbasis media online dan berbagai fungsi turunanannya seperti jasa online, memesan kue, menu makan siang, sampai penggunaan uang digital. Data ini memberi kontribusi terhadap kenaikan datafikasi kehidupan yang bagaikan bom waktu, segera mengalami ledakan.

Bisa dibayangkan, ada 900.000 user facebook login, 450 ribu status di twitter, 156 juta email mengirim pesan dan 15 juta pesan chat dikirm hanya dalam 1 menit, sebagaimana di ulas di Majalah Fobess edisi awal tahun.

Internet of Things (IoT) dan Bagaimana Pekerjaan Manusia digantikan
Tahukah Anda, ditahun 2020 segenap aktivitas manusia bakal di ambil alih oleh mesin cerdas yang telah memiliki teknologi tinggi lebih dikenal dengan IoT atau Internet of Things. Secara umum hal ini dapat disimbolkan sebagai produk gawai samart, mengapa? Hanya dengan gawai smart ini Anda bisa terkoneksi dengan semua barang-barang atau perkakas Anda seperti kulkas, AC, mobil, TV dan bahkan tikar elektronik juga akan terhubung dengan internet. Kabar baiknya, HIS perusahaan analisis dunia memprediksi ada 75 miliar lebih perkakas yang dapat terhubung satu sama lainnya.

Lahirnya Artificial Intelligence(AI) yang mutakhir
Komputer saat ini mampu belajar dengan cara yang sama seperti yang manusia lakukan dan peningkatan kemampuan AI, dimana terdapat peningkatan daya dan daya komputasi secara besar.

Semakin tinggi, intensitas aktivitas manusia berimbas pada semakin perlunya backup untuk penampungan data. Tentu fenomena ini berakibat pada melimpahnya dalam jumlah besar data yang justru mendorong perlu peningkatan komputasi yang lebih canggih yaitu AI yang semakin cepat bekerja dengan hasil yang lebih valid.

Kompetensi kemajuan AI mendorong perubahan hebat pada computer, bahkan secara total mendominasi mengerjakan tugas manusia. Pendekatan ekologi yang dikerjakan AI adalah bagaimana computer dengan teknologinya sanggup mengenali wajah seseorang, membaca dan menganalisa, memberikan saran dan masukan (berbicara), bahkan menjadi konsultan psikologis yang berhubungan dengan emosi atau lebih dikenal dengan komputasi afektif.

3D Printing sebagai kesempatan luar biasa bagi produsen
Beginilah peluang yang bakal menjadi pesaing industri manufaktur atau sejenisnya. Tentu bagi perusahaan yang telah menjangkau penggunanya lebih banyak, akan memilih penggunaan teknologi percetakan 3D sebagai wahana iklan penjualan ketimbang pembuatan adverstissing secara tradisional.

Kesan yang disampaikan 3D printing lebih ril, dan lengkap dari semua sisi dapat ditonjolkan. Amunisi yang digunakan pun tak kalah menarik karena sangat bervariasi seperti bahan plastic, logam, beton, benda cair bahkan ada dari bahan coklat sampai jaringan makhluk hidup.

Blockhains: Penemuan yang Sanggup Menukar Wajah Dunia
Penguasaan teknologi informasi tak terlepas dari penguasaan data. Mengapa ? karena segala sesuatu kerberhasilan apapun diawali bagaimana kemampuan penguasaan data. Namun permasalahan dasar terjadi ketika bagaimana solusi penyimpanan data dan menjaga kerahasiaannya. Inilah teknologi blockhain, yaitu solusi paling penting mengatasi persoalan penyelamatan data yang terjaga namun tidak terpusat.

Lalu bagaimana, perusahaan-perusahaan jasa keuanganan yang harus menjaga data customernya lebih dari 10 tahun bahkan ada sampai 50 tahun. Tentunya teknologi Blockhains menjadi solusi, karena faktanya 90 % bank eropa dan amerika telah memposisikan teknologi ini sebagai jawaban dari pertanyaan di atas. Keunikan lain, data yang dihimpun oleh blockchain dinamai ‘blok’  serta masing-masing blok berkorelasi dengan blok sebelumnya, sehingga hal ini lebih menjadi hubungan berantai bersifat personal atau terpisah.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%