2 Indikator Kemampuan Belanja Masyarakat Pulih Memasuki 2018

0
95

Berpijak dari perolehan PDB, dan angka pertumbuhan ekonomi nasional data BI, mencapai pada 5,06, penguatan ekonomi ini ditopang dari sektor investasi yang mulai stabil, kinerja ekspor yang membaik dan ditambah kapasitas beli konsumen yang menguat. Argumen ini sangat beralasan, karena semakin tampak daya belanja konsumen dengan meningkatnya  IKK (Indeks Keyakinan Konsumen) di akhir tahun 2017 yang lalu.

Di bulan Desember 2017, IKK mengalami kenaikan sebesar 4,3 poin dari bulan sebelumnya sehingga menduduki angka 126,4. Sepanjang tahun 2013, hingga saat ini, IKK telah mencapai perolehan tertinggi, sehingga begitu optimis kedepan kemampuan belanja konsumen bakal meningkat. Data diambil pada informan yang memiliki pengeluaran Rp 4,1 juta –Rp 5 juta perbulan dengan rentang usia 31 hingga 40 tahun.

Setidaknya ada 2 variabel yang menopang perolehan dari IKK. Pertama IKE (Indeks Ekonomi Saat Ini) naik sebesar 5.6 poin yang juga didukung dari ketepatan waktu untuk membeli barang tahan lama (durable goods) dengan angka 10,9 poin sehingga mencapai 123,3. Salah satu contoh indeks ini adalah belanja keperluan elektronik misalnya telepon, seluler, televisi, computer maupun peralatan dirumah tangga. Kedua IEK (Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi) naik pada 2,8 poin.

“Secara triwulanan, rata-rata IKK triwulan keempat 2017 sebesar 123,1, sedikit lebih tinggi dibanding triwulan ketiga 2017 sebesar 123, terutama didorong meningkatnya pembelian barang tahan lama dan ekspektasi kenaikan penghasilan,” kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Agusman dalam keterangan resmi yang dikutip Kontan, Minggu (7/1).

Disamping itu, hasil survei juga membukukan adanya kenaikan angka Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja dengan angka 6,2 poin sehingga berubah menjadi 102,2. Tentunya kenaikan ini bakal berimbas pada pendapatan perkapita untuk masa yang selanjutnya.

Bagi para pelaku bisnis, tentunya data ini sangat mendukung bagaimana mempersiapkan pangsa pasar yang lebih besar. Terutama merancang strategi untuk memenuhi kemampuan belanja masyarakat Indonesia yang telah membaik.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%