Jam Berapa Saja Kita Harus Makan Agar Berat Badan Terjaga?

0
155

Apakah Anda sudah memilih bahan makanan yang sehat? mengolah makanan tersebut dengan cara yang sehat, serta porsi makan juga telah disesuaikan dengan kebutuhan dalam sehari. Semua dilakukan demi memulai hidup yang sehat. Tidak salah memang, Lalu, bagaimanakah jam makan yang baik yang harusnya diterapkan sehari-hari?

Jam makan yang baik juga perlu dipikirkan agar berat badan tidak terus naik dan baik untuk diet. Jam makan yang baik berpengaruh terhadap berat.

Jika ingin hidup sehat, memilih bahan makanan yang tepat saja tidak cukup. Apalagi jika sedang berada dalam diet yang ketat, yang diperlukan adalah mengatur jam makan dalam sehari. Sebab, jam makan yang baik memengaruhi langsung berat badan. Bahkan hal ini sudah dibuktikan dalam beberapa penelitian yang menyatakan bahwa orang yang memiliki jam makan yang baik cenderung mempunyai berat badan yang terkendali dan terhindar dari kegemukan.

Lalu, seperti apa jadwal jam makan yang baik?

Sebenarnya, tidak ada ketentuan jam makan yang pasti bagi setiap orang. Masing-masing individu pasti mempunyai kebiasaan serta pola makannya tersendiri, walaupun begitu alangkah baiknya jika dapat membuat jam makan yang baik untuk diri sendiri.

Selain itu, usahakan untuk memiliki jam makan yang sama setiap harinya, sebab hal ini membuat tubuh mengerti dan tahu kapan jadwal ia mendapatkan makanan. Sehingga, metabolisme akan meningkat dan berat badan akan terjaga. Namun berikut adalah beberapa hal yang dapat dijadikan panduan untuk membuat jam makan yang baik.

Sarapan sebelum jam sembilan

Ya, tubuh membutuhkan makanan setelah hampir tujuh jam kosong, sehingga harus cepat-cepat mengisinya agar mendapatkan kembali energi untuk beraktivitas. Kadar glukosa dalam darah akan turun sekitar satu sampai dua jam setelah bangun tidur. Jadi, sarapan sebelum jam sembilan pagi adalah waktu yang ideal untuk memberikan otak dan tubuh asupan makanan.

Makan camilan empat jam setelah sarapan

Pada dasarnya, tubuh perlu untuk selalu diisi setiap empat sampai lima jam sekali, jadi jangan heran jika sudah merasakan lapar atau perut berbunyi empat jam setelah sarapan. Ini bisa disiasati dengan ngemil camilan yang sehat, untuk mengganjal perut Anda yang lapar.

Makan siang di waktu istirahat

Sebagian besar orang makan siang ketika waktu istirahat tiba, yaitu sekitar pukul 12 siang. Sebenarnya tidak ada masalah dengan hal tersebut. Jika sudah makan camilan sebelumnya, maka hal itu akan mencegah untuk tidak makan terlalu banyak di siang hari. Makan yang terlalu banyak di siang hari akan membuat cepat mengantuk.

Jadi, buat teman2 yang ingin menjaga berat badan, semoga cara ini bermanfaat ya, share buat teman2 yang lain ya…

 

Sumber : okezone.com

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%