Kamu manusia yang paling susah tidur ? Baca nih biar gak kayak Zombi, tiap malam Insomnia terus! No. 4 & 5 Perlu kamu perhatikan ya..

0
119

Tidur menjadi istirahat paling mujarab untuk bisa mengembalikan seluruh tenaga yang telah terkuras seharian. Sayangnya, beberapa orang merasa kesulitan memejamkan mata bahkan dalam kondisi lelah sekalipun. Padahal, masih banyak agenda yang harus dijalani keesokan harinya. Alhasil, bangun pagi menjadi hal yang sulit untuk dilakukan.

Kalau kamu merasa sering mengalami hal ini, itu artinya ada beberapa kebiasaan yang harus dibenahi agar bisa mendapatkan waktu tidur yang berkualitas. Ini penting agar keesokan harinya, badan dan juga pikiran sama-sama fresh untuk menghadapi hari yang baru. Nih langsung aja baca tips ini agar kamu gak Insomnia lagi.

1. Pastikan kamu mendapatkan waktu tidur yang cukup. Perhatikan durasi tidur yang tepat sesuai batas usiamu

Image result for tidur

Menurut National Sleep Foundation (saking pentingnya, tidur saja ada yayasannya), setiap usia memiliki jatah waktu tidur berbeda-beda, tergantung pada kebutuhan masing-masing. Berikut urutan detailnya;

  • Newborns (0-3 bulan): 14-17 jam per hari
  • Infants (4-11 bulan): 12-15 jam per hari
  • Toddlers (1-2 tahun): 11-14 jam per hari
  • Preschoolers (3-5 tahun): 10-13 jam per hari
  • School age children (6-13 tahun): 9-11 jam per hari
  • Teenagers (14-17 tahun): 8-10 jam per hari
  • Younger adults (18-25 tahun): 7-9 jam per hari
  • Adults (26-64 tahun): 7-9 jam per hari
  • Older adults (65 tahun ke atas): 7-8 jam per hari

2. Menjelang tidur, matikan gadget dan letakkan jauh dari tempat tidur. Berselancara di media sosial hanya akan membuatmu lupa waktu dan tidur jadi makin larut

Image result for main gadget saat tidur

Penelitian menyebutkan bahwa penggunaan gadget dengan layar LED yang mengeluarkan cahaya biru (blue light) diketahui akan menghambat produksi hormon melatonin yang dibutuhkan agar bisa mengantuk. Selain itu, lama waktu untuk merasa mengantuk dan tertidur seorang manusia bisa terpengaruh dan terganggu dengan adanya perangkat elektronik terutama yang memiliki layar pemancar cahaya.

Ini terjadi karena gelombang cahaya panjang-pendek (short-wave length) yang dihasilkan dari layar gadget bisa menekan produksi hormon melatonin yang berfungsi sebagai penghasil rasa kantuk. Akibatnya kamu akan makin sulit tidur. Impian untuk bisa bangun pagi pun sirna begitu saja.

3. Meski terlihat aneh, tidur dengan meletakkan bawang putih di bawah bantal jadi resep turun temurun yang dipercaya bikin tidur lebih nyenyak

Image result for tidur dengan meletakkan bawang putih

Bawang putih dikenal punya banyak manfaat. Selain kerap digunakan sebagai salah satu bumbu utama yang membuat masakan jadi sedap, ternyata bawang putih juga bisa bikin tidur lebih nyenyak. Caranya pun terbilang unik, cukup letakkan di bawah bantal tempat kamu tidur. Senyawa sulfur dan seng dalam bawang putih dipercaya secara alami dapat meningkatkan relaksasi dan akan membantumu untuk tertidur lebih cepat, serta mengembalikan energi di hari berikutnya.

4. Cek juga apakah ada obat yang kamu konsumsi yang justru memberikan efek susah tidur

Image result for mengkonsumsi obatan bikin susah tidur

Jika kamu merasa masih saja kesulitan untuk memejamkan mata, perhatikan apakah pada hari itu kamu mengonsumsi obat yang memberikan efek susah tidur. Jika iya, stop saat itu juga atau cari alternatif obat yang lain. Nggak mau dong cuma gara-gara obat malah jadi insomnia?

5. Olahraga sebelum tidur juga punya andil besar agar tidurmu nyenyak dan bangun pagi dalam keadaan segar

Related image

Menurut penelitian, olahraga sebelum tidur sangat berpengaruh terhadap kualitas tidur. Aktivitas fisik yang dilakukan ternyata bikin kamu cepat tertidur di malam hari dan membuat badan jadi lebih segar saat bangun pagi keesokan harinya. Meski di awal mungkin akan membuat badanmu pegal, tapi percayalah, rutin melakukan olahraga sebelum tidur jadi salah satu trik untuk terhindar dari insomnia.

Untuk hidup yang lebih baik, urusan tidur tentu jadi sesuatu yang tidak boleh disepelekan. Karena banyak penyakit bisa muncul karena waktu tidur yang tidak berkualitas, seringnya begadang dan bangun siang. Masalah kedisiplin waktu juga akan ikut berantakan kalau jadwal tidurmu tak beraturan. Jadi, mulai sekarang perhatikan jam tidurmu baik-baik, ya!

 

Yuk, LIKE dan FOLLOW terus Batam Pop untuk dapat update artikel di fanpage :

 

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%