Kereta Ambulan. Ada Yang Sudah Tahu ?

0
81

Ternyata di Indonesia selain banyaknya mobil ambulan ternyata ada juga kereta ambulan, walaupun tidak disemua kota ada yang namanya kereta ambulan ini. Kereta ambulan itu bernama Rail Clinic.

Ide pembuatan Rail Clinic ini dari Direktur Utama KAI Edi Sukmoro dengan latar belakang untuk memberi pelayanan lebih kepada masyarakat Indonesia khususnya di bidang kesehatan. Rail Clinic akan memanfaatkan jalur KA untuk dapat menembus daerah yang sulit dilalui oleh kendaraan bermotor.

Rail Clinic ini salah satu bentuk dari pelaksanaan program Corporate Social Responsibility (CSR) KAI. Proses pengerjaannya sudah dilakukan sejak 10 Oktober 2015 lalu di Balai Yasa Yogyakarta. Pada peluncurannya di 12 Desember 2015, juga dilakukan penyerahan piagam Museum Rekor Indonesia (MURI) oleh pendiri sekaligus Ketua MURI, Jaya Suprana kepada KAI atas keberhasilannya merancang kereta kesehatan pertama di Indonesia.

Secara bentuk dan pembuatan, Rail Clinic ini merupakan rehabilitasi KRD bekas MCW 302 yang mangkrak. Pengerjaannya dilakukan di Balai Yasa Yogyakarta, dengan cara memodifikasi interior dan kabin masinisnya serta menambahkan peralatan kesehatan (semua KRD Rail Clinic ini merupakan bekas KRD Bisnis / Patas, sehingga menggunakan kode K2 di penomoran, dan pewarnaan pintu yang berwarna silver metallic).

Rail Clinic dijalankan apabila PT KAI akan menyelenggarakan roadshow pelayanan kesehatan di stasiun kecil (Kelas III maupun II) yang letaknya jauh dari puskesmas atau rumah sakit, sementara tidak ada / kurangnya fasilitas kesehatan lain bagi warga di sekitar stasiun.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%