Kunci sukses facebook advertising

0
133

Ketika beriklan di facebook, ada beberapa hal yang harus kita pikirkan. Apakah iklan yang akan kita tampilkan akan berpengaruh positif dengan bisnis yang kita jalankan, atau malah sebaliknya. Untuk itu disini saya akan coba berbagi tips atau kunci yang harus kita pahami dan mengerti apabila ingin membuat iklan di facebook.

Apabila anda belum memahami trik-trik berikut, saya yakin anda hanya akan membuang-buang uang anda untuk pasang iklan di facebook, anda tahu sendiri kan, memasang iklan di facebook itu butuh dana dong… nah,, supaya uang anda tidak terbuang dengan sia-sia, maka ikutilah langkah-langkah berikut.

Pahami karakter target anda

Yang menjadi kelebihan dari fitur facebook ads adalah dia bisa memilih target atau sasaran yang akan ditargetkan untuk bisa melihat dan menjangkau iklan yang anda pasang.  Adapun spesifik yang anda bisa atur dalam facebook ads adalah sebagai berikut :

  • Demography: usia, jenis kelamin
  • Geography: lokasi (negara, kota besar, jangkauan mil)
  • Timing: hari dan jam berapa iklan anda aktif
  • Behaviour: pengguna mobile, tablet, smartphone, wifi based, digital marketer, dsb
  • Connection: membidik teman – temannya dari fans anda / tidak membidiknya.

Jadi, sebelum anda menayangkan suatu iklan ada baiknya anda kenali dulu karakter dari target yang anda tergetkan untuk melihat iklan anda agar benar-benar tepat sasaran.

Sebagai contoh, saya akan beriklan tentang jasa pembuatan kebaya, harga pembuatannya sekitar 2 sampai 5 juta, Lokasi Batam.

Dari keterangan diatas, saya bisa simpulkan bahwa deskripsi yang saya buat tentang karakteristik audience yang akan menjadi sasaran saya adalah sebagai berikut:

  • Usia : 20 – 50 tahun
  • Gender : wanita
  • Lokasi : Batam
  • Interest : ibu rumah tangga, pegawai kantor, pejabat dsb
  • Connection : teman-teman dari fans page anda
  • Behavior : pengguna mobile, yang pakai smartphone berbasis IOS saja

Ini salah satu contoh yang bisa kita lakukan dalam facebook ads, sebelum kita menayangkan iklan yang akan kita tayangkan di fans page kita. Kita bisa mengatur langkah-langkah diatas sesuai dengan target yang kita inginkan.

 

Yuk, LIKE dan FOLLOW terus Batam Pop untuk dapat update artikel di fanpage :

 

Bagaimana membuat iklan yang menarik ?

Pertanyaannya apakah kita sudah memahami format iklan ?  memahami format iklan sangatlah penting, dalam hal ini kita jelas tau dong, format iklan itu terdiri dari 2 komponen yaitu : teks dan gambar.

Dua komponen diatas akan tampil di facebook orang yang menjadi teman anda di fans page apabila anda sudah memasang iklan. Tampilan itu akan menentukan kualitas iklan yang anda tayangkan.

Coba anda bayangkan jika iklan yang anda tampilkan kata-katanya tidak menarik dan gambar yang dipasang biasa-biasa saja, pastinya iklan yang anda pasang akan sia-sia dong,,,!  Oleh karena itu jika anda ingin memasang iklan hendaknya dengan sebaik-baiknya. Gunakan kata-kata yang sangat enak dibaca dan membuat orang ingin membaca dan ingin lebih tahu tentang apa yang sedang anda iklankan. Pastikan juga gambar yang anda pilih adalah gambar yang menarik dan benar-benar akan membuat orang ingin membeli atau setidaknya ingin tahu apa sih sebenarnya yang anda tawarkan.

Manfaatkan fitur-fitur facebook ads yang canggih

Sejak berdirinya facebook tahun 2004 sampai sekarang, facebook selalu mengalami pembaharuan dan perubahan dan terus menerus memperbaharui semua fitur-fitur yang dimiliki supaya lebih canggih dan lebih baik lagi.

Apakah anda ketahui sumber pendapatan facebook terbesar saat ini adalah melalui facebook advertising. Hal ini membuat facebook secara konsisten selalu melakukan pengembangan fitur-fitur facebook advertising supaya lebih canggih lagi.

 

Mau belajar banyak tentang facebook ads,,? jangan lupa ikuti pelatihan yang diadakan di Batam.

Fitur-fitur facebook advertising adalah sebagai berikut :

  1. Custom audience

Apabila anda memiliki database atau alamat email dari customer anda sebelumnya, maka anda bisa menggunakan custom audience dan memasukkan alamat email yang ada, maka facebook dapat secara otomatis mendeteksi orang yang memiliki email tersebut mempunyai akun facebook.

  1. Retargeting

Jika anda ingin memasang iklan anda di facebook, anda tentu ingin juga dong orang-orang mengunjungi website anda. Jadi disaat orang mengunjungi alamat website anda, mereka juga bisa sekaligus terhubung ke facebook dan akan melihat iklan yang anda tayangkan.

  1. Conversion tracking

Dengan fitur ini, anda bisa mengetahui berapa banyak jumlah produk anda yang sudah dibeli orang lain, dengan cara memasukkannya kedalam keranjang belanja di website anda. Atau anda juga bisa mengetahui seberapa banyak orang mengisi data-data yang disediakan, sehingga melalui fitur ini anda bisa tahu seberapa banyak orang yang sudah melihat iklan anda dan seberapa efektifkah iklan yang anda tayangkan.

  1. Lookalike audience

Fitur ini mampu menjangkau audience baru yang hamper mirip dengan audience lama anda, misalkan anda sudah memiliki banyak fans page dan banyak memiliki alamat email dari customer, maka secara otomatis anda dapat langsung menciptakan target baru secara otomatis dan menggunakannya sebagai target audience anda di iklan baru yang anda akan buat.

Cara mengkonversi yang tepat

Apabila iklan anda sudah berjalan dengan baik, pastinya anda mau dong kalau customer anda akan berkelanjutan atau menjadi pelanggan tetap anda untuk jangka waktu yang lama. Hal inilah yang dinamakan cara mengkonversi dari calon customer menjadi customer yang loyal anda untuk selamanya.

Untuk bisa melakukan semua ini, pastikan iklan yang anda pasang selalu menarik dan membuat orang tertarik untuk melihatnya, dan tertarik untuk membelinya. Hal ini semua bisa anda lakukan jika anda bisa mengikuti langkah-langkah yang baik sesuai dengan fitur-fitur yang sudah disediakan oleh facebook ads.

Semoga tips-tips ini bisa anda praktekkan sebelum anda membuat dan menayangkan suatu iklan pada facebook, silahkan share agar banyak teman yang mengerti dan mengetahuinya.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%