Pada Pilihan manakah Anda..?, antara kebiasaan menabung atau investasi

0
116

Pernahkah terpikir berapa dana yang akan Anda butuhkan pada saat pension nanti? Yuk kita mulai berhitung !

Jika saat ini Anda berusia 35, Anda ingin pension di usia 55, Kira-kira hidup sampai usia 70 tahun, Expense ratio 10 % per tahun (peningkatan biaya karena inflasi. Inflasi 10% per tahun), Pengeluaran rutin setiap bulannya saat ini Rp 2 Juta

Maka, biaya hidup Anda di usia 55 tahun adalah Rp 13,5 juta. Bayangkan Anda harus hidup 15 tahun lagi dengan biaya hidup perbulan Rp 13,5 juta, masih ditambah inflasi 10% pertahun. Itu pun jika anda sangat hemat sekali dengan pengeluaran tiap bulanRp 1 juta saja. Rata-rata pengeluaran golongan kelas menengah di atas Rp 10 juta setiap bulannya.

Baca Juga tulisan terkait : Sudahkah Anda Mendapat 4 Keuntungan Besar dari Cerdas Berinvestasi..?

Belum lagi dana pendidikan, dana darurat/cadangan, dan dana proteksi yang harus anda persiapkan. Apa solusinya kira-kira?

90 % orang Indonesia pasti akan menjawab menabung. Menabung itu baik, namun apakah cukup sampai di situ saja?

Jaman dulu, orang tua kita berinvestasi dengan menggunakan instrument investasi tanah, kebun, emas, property dan menabung. Selain itu pada jaman dahulu, orang tua kita dapat menabung dengan cara melakukan penghematan biaya hidup secara ketat.

Pada jaman orang tua kita, hidup berhemat dan menabung mungkin tidak terlalu sulit. Namun pada saat ini, seiring dengan semakin berkembangnya teknologi, kemajuan dunia komunikasi, fashion, menjamurnya mall dan lain-lain, menjadikan kita jauh lebih konsumtif.

Fakta yang ditemui kebiasaan makan dirumah, saat ini sudah berubah menjadi makan di resto atau kafe. Hiburan yang dulu hanya televise dan taman bermain, saat ini menjadi sangat beraneka ragam-mulai dari bioskop, mall, gadget, televise layar lebar, hingga androit. Semua itu dimiliki oleh masyarakat dari kelas menengah hingga kelas atas. Artinya pergeseran ini sudah jauh berubah, bahkan beberapa orang lebih memilih mengikuti tren hiburan terbaru dari pada menabung.

Perjalanan waktu telah membuktikan bahwa menabung sudah tidak lagi menjadi pilihan untuk memperoleh kekayaan di waktu yang lebih lama kedepannya. Berhemat dan menabung itu penting, namun tidak  berhenti disitu saja. Uang yang Anda tabung harus bias diinvestasikan supaya pertumbuhannya lebih cepat. Anda harus memilih instrument investasi lain yang member imbal hasil lebih cepat. Jika inflasi setahun sekitar 10 % (bahkan lebih), maka Anda harus memilih sarana investasi yang memberi imbal hasil di atas itu.

Dikutib dari : Ellen May penulis buku best seller

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%