Pemerintah Pusat Bangun Pasar Senilai 6 Miliar, Pasar Dadakan Mulai Di Tinggalkan!

0
366

Warga Batam cukup bangga, setelah pemerintah pusat memperhatikan pertumbuhan penduduk Kota Batam hingga tahun 2030 dengan angka pertambahan penduduk tinggi di dunia yaitu 7,4 % pertahun (dirilis tahun 2016), maka dibangunlah Waduk Sei Gong di Desa Sijantung Pulau Galang bertujuan untuk kebutuhan air warga. Pembangunan waduk ini telah dimulai sejak tahun 2017 lalu.

Meskipun saat ini, perekonomian Batam belum begitu mencerahkan, seperti terindikasi dari data Dinas Kependudukan Kota Batam, bulan April 2017 lalu, bahwa ada 1.190 orang yang mengurus kepindahan untuk meninggalkan Kota Batam dengan salah satu alasannya adalah melemahnya perekonomian Batam ditambah dengan masalah PHK.

Akan tetapi, pemerintah pusat tetap menyokong perekonomian Batam dengan membangun prasarana pasar tipe C tepatnya berlokasi di Kecamatan Seibeduk Perumahan Buana Garden II. “Setidaknya untuk pengerjaan pasar menghabiskan waktu 4 sampai 5 bulan” tutur Kadisperindag (Dinas Perindustrian dan Perdagangan) Batam Zarefriadi.

Meskipun lahan yang diperlukan hanya 3000 m2, dengan ukuran luas standar nasional tipe C, Pemko telah menyediakan lahan 1 ha. Diprediksi pasar yang didanai Pemerintah pusat sebesar 6 miliar ini bakal menampung 150 lapak dengan mengutamakan pedagang adalah warga disekitaran. Untuk pengelolaan pasar dari harga sewa akan menjadi pendapatan bagi keuangan daerah.

“Hadirnya pasar ini, diharapkan untuk mengurangi pasar dadakan yang ilegal. Mereka tidak berdasar, untuk itu kami telah sarankan pada kecamatan untuk ditangani lebih lanjut” pungkasnya.

Sesuai program Disperindag kedepannya bakal disiapkan pasar untuk setiap kecamatan. “Sejauh ini sambutan dari pemprov sudah bisa direalisasikan, tapi kita masih terhalang dengan kapasitas lahan, namun akan lebih ringan bila ada pihak lain yang langsung sediakan lahan untuk pasar” imbuhnya.

Anda memiliki Usaha atau beberapa bisnis di Kota Batam dan ingin diliput GRATISS…silahkan klik gambar dibawah ini..!Jangan Lupa Like dan Follow Batam Pop

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%