Perpres Tenaga Kerja Asing Terbit, Apa Tujuannya?

0
175
menteri ketenagakerjaan RI 2018, Menteri Ketenagakerjaan RI, Perpres, Peraturan Presiden, Perpres TKA, Perpres Tenaga Kerja Asing, Perpres No.20 Tahun 2018, Perpres Nomor 20 Tahun 2018, Perpres Mengenai TKA, Peraturan Presiden Mengenai TKA,


Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah merilis Peraturan Presiden (Perpres) yang mengatur tentangtenaga kerja asing di Indonesia. Kebijakan ini diatur dalam Perpres nomor 20 Tahun 2018 tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing atau TKA. Presiden telah menandatangai Perpres tersebut tanggal 26 maret 2018 dan mulai berlaku terhitung 3 bulan sejak diundangnkan tanggal 29 maret 2018 oleh menteri Hukum dan HAM.

Merespons kebijakan ini, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Hanif Dhakiri meminta masyarakat tidak perlu khawatir mengenai aturan tenaga kerja asing ini. “Nggak usah terlalu khawatir. Ini kan memperpendek jalur birokrasinya menyederhanakan proses aja. Nggak hanya TKA aja tapi juga untuk TKI juga. Secara prinsip seluruh peraturan itu perlu dideregulasikan, tanpa ada kualifikasi tertentu,” Imbuhnya, kamis 5 April 2018.

Menurut Hanif Perpres ini untuk mempercepat proses perizinan, namun tidak menggerus pengendalian dan pengawasan TKA. Tujuannya, kata Hanif, Perpres tersebut dapat memudahkan investasi yang akan masuk ke Indonesia.

Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution menambahkan TKA tersebut salah satunya untuk kebutuhan perusahaan digital seperti perusahaan E Commerce yang membutuhkan ijin cepat atau diperlukan tiba-tiba.

Jangan lupa, like dan follow facebook kita ya!!

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%