Refleksi Ekonomi RI 2017, Mampu Capai 1 Triliun Dollar

0
139

Kenaikan pertumbuhan ekonomi Indonesia ditahun 2017 cukup signifikan, yang terungkap dari laporan pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,06 %, dengan kalkulasi Produk Domestik Bruto (PDB) pada posisi angka US$ 1 triliun atau sama nilai dengan Rp 13.500 triliun (bila kurs US$ 1 = Rp 13.500).  Sementara ditahun lalu, 2016  perolehan PDB  sudah pada angka US$ 966 miliar.

Berbagai asumsi yang diutarakan, bahwa pencapaian angka diatas tentunya memperbesar kekuatan ekonomi Indonesia, menjadi posisi paling tinggi di Asia Tenggara. Hal ini sebagaimana yang disampaikan oleh Adriyanto, Kepala Pusat Kebijakan Ekonomi Makro Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemkeu) bahwa perolehan data pertumbuhan ekonomi nasional 5 %, sementara inflasi diangka 3,61 %, dan untuk nilai tukar mata uang rupiah terhadap dollar sebesar Rp 13.384, sehingga tahun 2017 secara angka PDB Indonesia menjangkau nilai US$ 1 triliun.

Bila melirik dua negara yang terbilang dekat dengan Indonesia seperti Australia dan Korea Selatan, Indonesia tak berbeda jauh dari keduanya. “Tapi size PDB mereka sedikit lebih besar daripada kita,” ujar Adriyanto, senin (8/1).

Kenaikan ini, tentu memberikan peluang dan benefit terhadap pengembangan kue ekonomi Indonesia, salah satu profit yang didapatkan adalah korelasi antara angka PDB dengan pendapatan dasar pajak Indonesia yang berbanding lurus. Selain itu, bila dirunut lebih kebawah, PDB per kapita Indonesia, dengan posisi sebagai negara dengan penghasilan menengah berpeluang lebih besar. “Besaran perolehan pertumbuhan ekonomi juga mengangkat potensi akan ketersediaan lapangan atau tenaga kerja, yang pada ujungnya bakal menekan tingkat kemiskinan” imbuh Adriyanto.

Dilevel lain, seperti investment grade, sesuai asumsi lembaga peringkat utang internasional, bertumbuhnya nominal PDB akan mendongkrak tujuan dan minat investasi didalam negeri. Akan tetapi hal yang perlu menjadi kerja keras dan cerdas pemerintah adalah bagaimana terukurnya secara proporsional pengelolaan PDB bila diprediksi ditahun ini bakal bertambah besar atau meningkat.

Akankah hanya dinikmati  oleh segelintir ikan paus saja, namun seberapa jauh kah pengelolaan PDB dengan berbagai regulasinya mampu menyajikan dan membangun kontruksi ekonomi kerakyatan di RI? Tentunya hal ini perlu solidaritas ekonomi lokal untuk Indonesia.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%