Saat jagoanmu jadi antagonis di Fast Furious 8

0
91

Saya belajar twisting nih seperti plot twist seru sebuah film. semoga dapat cendol plus bakpao dari opini tulisan saya dibawah ini..

hari rabu 12 april 2017 menjadi premier serentak franchisee seri film yang sudah ditunggu tunggu penggemar action movie yakni seri Fast & Furious ke-8 yang resminya berjudul Fate Of The Furious. sejak trailernya resmi beredar awal tahun ini, membuat semua orang terutama penggemar mulai bertanya tanya kenapa ya koq kelihatannya Dominic Toretto yang notabene adalah pentolan grup dan pemimpin utama teamnya yang notabene sudah seperti keluarga, koq bisa jadi jahat dan berubah antagonis ?

begitulah kira kira plot trailer yang sudah beredar luas di youtube dan disebarluaskan begitu massifnya melalui berbagai platform socmed, menjadikan semua penggemar yang sudah begitu setianya mengikuti jalan cerita sejak seri fast ke-7 bertanya tanya dan jadi penasaran : ” mengapa Dom Toretto jadi berbalik dan meninggalkan teamnya ? ada apa gerangan ? siapa pula si chiper ( tokoh wanita ) pemeran antagonis yang disebut sebut sebagai dalang penjahat yang mampu membelokkan karakter Dom toretto yang begitu loyal dan setianya kepada team dan berubah jadi musuh ? terus bagaimana akhir dari kebersamaan team yang sudah seperti keluarga ini ?

nah, terus terang saya juga belum dapat jawabannya karena baru akan nonton pas premiernya malam ini di Batam. Tetapi buat saya yang menarik dibahas adalah, mengapa akhir akhir ini film franchisee serial bertema Jagoan dan super keren yang memiliki jutaan penggemar seperti Captain America, kemudian Batman VS Superman, Fast Furious yang akan segera premier, dan menyusul Transformer  yang trailer nya juga sudah beredar luas, kesan plot ceritanya koq mirip mirip ? maksud saya para tokoh utamanya dan bahkan jagoan utamanya berubah jadi antagonis dan bentrok satu sama lain.

coba ingat ingat bagi kalian yang sudah nonton Captain America terakhir ” Civil War “, disana kita saksikan sendiri sesama team Avengers bisa bentrok dan terjadi pertempuran sengit. Kubu Captain America harus saling mengalahkan dengan kubu Tony Stark ” Iron Man ” karena perbedaan pendapat yg mencolok sehingga mereka saling menyakiti dan sangat berniat menghancurkan satu sama lain. Film ini berhasil menyedot penonton seantero dunia dan sukses meraih 1 Milyar USD dan bahkan dinobatkan sebagai film terlaris 2016 lalu.

Menyusul Batman VS Superman ” Dawn Of Justice “, film ini lebih gila lagi karena dua tokoh superhero beda “ras” bisa dipertemukan kemudian diadu untuk saling berkelahi satu sama lain karena mereka berhasil diadu domba oleh Lex Luthor, tokoh musuh yg lebih dominan jadi villain di karakter Superman. maksudnya beda ras ini karena Batman adalah superhero lahir di bumi dan mendapat kekuatan karena latihan, dan juga dukungan perlengkapan super keren dan mahal yang mampu ia beli karena memang dasarnya si Bruce Wayne yang menjadi Batman ini adalah berasal dari keluarga kaya, sementara Superman berasal dari planet Krypton yang konon berisi manusia manusia super.

Nah batman vs superman, dari judulnya mereka memang beneran diadu meskipun pada akhirnya mereka sadar tipu muslihat Lex Luthor dan kemudian bisa saling bahu membahu melawan Lex luthor. Film ini berhasil meraup lebih dari 700 Juta US Dollar, meskipun secara penampilan dianggap kurang maksimal oleh banyak kritikus film.

Lalu menyusul mulai malam ini juga ( maklum ditulis tepat 12 April sebelum berangkat ke XXI nonton premiernya ), Fast Furious 8 yang dikenal Fate Of Furious, juga lagi lagi kita disuguhkan plot cerita dimana para jagoan, bahkan pemimpin jagoannya si Dominic Toretto akan berubah haluan dan menjadi musuh bersama dari team yang selama ini mendukungnya. Sampai sini kita mulai bisa membaca bahwa sepertinya memang Hollywood lagi doyan mengadu para jagoan dan superhero yang mereka seharusnya kompak bukan ??

Terakhir setelah ini, ada menunggu film franchise favorit saya juga yakni seri Transformer 5 ” The Last Knight ” yg jadwal rilis premier tayangnya sekitar juni 2017 mendatang, dimana plot ceritanya juga seperti mengubah Optimus Prime si pemimpin Autobots yang berbalik jadi antagonis dan bahkan di trailernya jelas jelas menyerang dan membunuh Bumble bee..

Sepertinya plot cerita mengubah tokoh jagoan jadi jahat, atau mengadu para superhero rupa rupanya sedang menjadi trend di hollywood sana, yang notabene menjadi kiblat perfilman dunia. Dan sebagai penggemar film blockbuster, saya merasa hal ini bisa disikapi sebagai salah satu bentuk kehabisan idenya sebuah industri besar yang mendominasi dunia, yakni perfilman hollywood.

Bisa dibayangkan dalam setahun, ribuan judul film baru berhasil diproduksi di hollywood dan menghasilkan berbagai genre kategori film termasuk film film blockbuster berbujet besar yang sepertinya diwajibkan harus selalu menyedot jutaan penonton agar bisa mengimbangi pengeluaran dan mencapai profit. Nah karena berbagai tuntutan dan kondisi yang membuat para sineas sana seperti penulis skenario, sutradara, bahkan sampai produsernya berpikir keras bagaimana bisa membuat film film yang laku di pasaran, dengan waktu sempit, budjet yg harus dibatasi dan juga deadline waktu rilis, maka sepertinya strategi comot sana sini atau copy paste atau bisa dibilang ATM ( amati, tiru, modifikasi ) juga berlaku dan bukan sesuatu yang tabu seolah mendewakan karya orisinal, kreatifitas dan ide brilian bukan lagi sebagai hal utama.

Dalam bisnis sepertinya hal ini sah sah saja, makanya gak heran juga kalau di Batam atau kota kota lain.. sistem copy paste, comot sana sini ide orang, dan ATM ( amati tiru modifikasi ) juga sangat laris diminati banyak orang.

Orang tidak perlu repot repot menulis dan menggarap sebuah ide orisinal milik sendiri sebagai sesuatu yang layak dibanggakan, kita tidak harus melakukan riset dan experimen yang membutuhkan waktu lama dan tentu biaya besar, juga tidak harus malu mencontoh keberhasilan orang lain dan kita contek habis habisan karya atau ide bisnisnya.

jadi apa yang sedang terjadi di Hollywood sana dengan model dan plot cerita film mirip mirip, yang sesungguhnya adalah plagiat sebuah orisinalitas karya seni para sineas namun tidak dianggap tabu, maka tidak ada salahnya juga apabila dalam berbagai sektor lainnya atau dalam bisnis misalnya, kita juga bisa ikut ikutan copy paste ide dan kreatifitas, sejauh itu masih legal dan tidak merugikan orang lain, yang penting bukan membajak Hak Cipta karena tentu melanggar hukum dan bisa dikenakan sanksi pidana, itu kira kira pemikiran para penggemar copy paste dan pemuja ATM.

dengan kompetisi yang begitu ketat, sumber modal yang mungkin terbatas, waktu mepet, tekanan untuk meraih hasil atau profit, dan juga kondisi kondisi lainnya, membuat siapapun sah sah saja untuk tiru dan comot ide orang lain. Jika industri hollywood melakukannya dan bisa terus berulang ulang, kenapa anda dan saya harus malu, iya khan ? yang penting jangan mengambil hak orang lain atau membajak, karena itu sudah pasti salah dan memalukan.

Coba buat kalian yg pernah lama di batam, dulu waktu lagi rame bisnis ikan louhan, semuaaaaaa buka bisnis akuarium dan jualan ikan louhan.. saat bisnis martabak rame, semua ikutan jualan martabak hehehe, sekarang bisnis buka cafe lagi jamur, semuaaaaa ikutan latah buka cafe dengan berbagai model, versi dan juga konsepnya masing masing.

Jadi peniru itu gak ada salahnya, yang salah adalah kalau kamu baca tulisan ini dan gak pernah tonton filmnya yang tadi saya sebutkan satu satu jadi situ gak nyambung.. disitulah baru terjadi letak masalahnya. hehehe..

Makanya, daripada bingung yuk kita nonton saja plot cerita fast furiousnya yg sekuel ke 8 ini.. gak usah kesal kalau Dom toretto jadi jahat, itu khan cuma cerita di film dan nikmati saja sebagai sebuah karya film dengan beragam efek khusus CGI yg menjadi andalan hollywood sana.

pesan saya satu kepada sineas Indonesia : kenapa kalian gak copy paste plot cerita film yg blockbuster terbukti menyedot penonton ?? kenapa sajian judulnya masih itu itu saja, kalau gak komedi ya horror.. please deh..

sekian opini saya, selamat menonton. ( winsurya )

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

SHARE
Previous articlePromo tiket wisata..?
Next articlePenyidik KPK di teror, Rachel Maryam di serang ??!
passion travelling, hobby ngulik facebook dan nulis blog, terapi stressnya nonton dan kuliner.. tetap punya slot untuk belajar dari siapa saja yang bisa meningkatkan kualitas kehidupan.