Saran Penting Mainan Apa yang Cocok untuk Anak Anda

0
136

Sudah menjadi keinginan para orang tua untuk membahagiakan anak-anaknya, bahkan sebagian orang tua memilih untuk memanjakan dengan memenuhi permintaan anaknya berupa alat-alat mainan atau jenis permainan yang diminta. Namun perlu diketahui, sudah tepatkah Anda memberikan jenis mainan yang cocok dengan usia anak Anda. Berikut tips dan saran bagaimana Anda lebih bijak memilih mainan apa yang sesuai dengan usia anak Anda.

Diusia 0-12 bulan

Ini adalah usia awal, dimana anak Anda tumbuh sebagai sosok bayi. Perlu diperhatikan adalah sifat dan tubuh bayi sangat sensitif dan tentu sangat membutuhkan perhatian khusus dari orang tuanya. Mainan yang cocok untuk usia bayi adalah benda yang dapat berbunyi, mainan yang memiliki warna mencolok, cerah dan terbuat dari bahan yang tidak kasar. Dan yang terpenting juga adalah ukurannya harus lebih besar, supaya tidak termakan oleh si bayi.

Bila usia 1 –sampai 3 tahun

Ini adalah dimana anak Anda sudah mencapai masa pertengahan di usia Balitanya. Perlu diketahui bahwa, usia 2 tahun, rata-rata anak sudah bisa berjalan dengan lincah dan mungkin sebagian anak sudah ada yang mampu berlari. Lalu mainan Apa yang tepat untuk Anak diusia ini? Anda bisa memberikan mainan yang lebih mengarah pada kegemarannya seperti buku cerita yang lebih didominasi gambar, mainan yang mempunyai suara atau benda yang dapat di rangkai seperti balok terbuat dari plastik atau karet yang aman.

Nah usia diatas 4 tahun atau masa akan sekolah

Bila diamati perjalanan dari perkembangan anak, sebelum usia 4 tahun, anak sudah menunjukan bakat dan minatnya dari beberapa permainan yang diberikan. Seperti suka menggambar, atau hanya bisa coret-coretan. Artinya ketangkasan anak sudah mulai nampak dan perlu dilatih di usia 4 tahun ke atas. Memilih permainan seperti istana balon, puzzle, bongkar pasang alat-alat rumah adalah pilihan tepat yang tetap menjaga perkembangan kecerdasan anak.

Sangat perlu diawasi ketika anak Anda diusia ini adalah permainan ketergantungan seperti video game, atau media jenis gadget lainnya. Oleh karena itu sangat perlu, sebagai orang tua kita harus bijak dengan masa depan anak.

Mainan yang anak butuhkan adalah benda yang dapat mengembangkan rasa kerjasama dan merangsang aktivitas sosial mereka. Hal ini sangat diperlukan karena mereka sedang menuju tahap beradaptasi dengan lingkungan baru, yaitu sekolah. Dikala masa ini kecenderungan anak bersifat alamiah, yaitu sering bergerak diikuti rasa ingin tahu yang tinggi. Belajar sambil bermain, inilah pola yang tepat diterapkan, karena melalui permainan, anak Anda sudah bisa menunjukan bakat yang selama ini belum Anda ketahui.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%