Tips Cara Memulai Usaha Kuliner Untuk Pemula Menjadi Sukses

0
126

Anda Tertarik ingin memulai usaha kuliner ? memulai usaha kuliner memanglah bisa sebagai usaha yang dapat menghasilkan banyak keuntungan. Karena makanan adalah kebutuhan pokok manusia. Anda bisa memulai usaha kuliner, makanan ringan, atau cake bergantung dari minat Anda. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan saat memulai usaha kuliner :

1. Modal awal usaha
Anda perlu mempersiapkan modal awal untuk memulai usaha kuliner Anda. Jika Anda tidak memiliki modal yang cukup, ada beberapa cara untuk menutupi kekurangan modal Anda, misalnya dengan mencari rekanan yang bisa diajak kerja sama, meminjam ke koperasi atau bank dengan penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) untuk pelaku UKM.

2. Lokasi usaha
Pastikan tempat untuk memulai usaha kuliner yang akan dibentuk banyak dikunjungi atau dilewati banyak orang. Karena saat menetapkan lokasi usaha juga harus memperhitungkan modal yang akan dikeluarkan.

3. Menu andalan Memulai Usaha
Sebelum memulai usaha kuliner, sebaiknya Anda menjalani penelitian terlebih dahulu tentang menu yang berpusar di pasar. Lalu, pilihlah menu yang belum banyak dijual untuk mengurangi tingkat persaingan. Akan tetapi, pilihan menu tersebut juga harus disesuaikan dengan target pasar atau konsumen.

4. Penyalur bahan baku
Mempunyai penyalur tetap yang dapat memasok semua bahan baku produksi setiap harinya sangat disarankan untuk kecepatan proses produksi. Selain bisa mendapatkan harga relatif murah, Anda pun bisa menjadi orang kepercayaan jika Anda dalam keadaan sulit modal, selain itu Anda juga bisa diprioritaskan jika sewaktu-waktu bahan baku yang Anda butuhkan sulit di pasaran. Usahakan mempunyai lebih dari satu penyalur sebagai alternatif bila penyalur yang satu tidak dapat menyediakan permintaan.

5. Sumber daya manusia (SDM)
Idamannya, karyawan terbagi ke dalam kelompok tukang masak, pelayan, dan kasir. Namun, bila memulai usaha tergolong kecil, seorang asisten yang dapat memudahkan pekerjaan Anda itu saja sudah cukup. Jangan lupa untuk memikirkan kesejahteraan karyawan dengan memberi gaji sepadan dan tepat waktu. Hal ini untuk menjaga stabilitas keterampilan dan kesiapan karyawan.

6. Target Pemasaran
untuk memulai usaha dengan target pasar adalah salah satu kunci sukses menjalankan usaha makanan dan minuman. maupun Anda menawarkan harga murah meriah, tapi tidak sesuai dengan selera konsumen ini bisa sebagai kendala.

7. Promosi yang tepat
Promosi dari mulut ke mulut sampai saat ini tetap menjadi andalan promosi memulai usaha Anda ke banyak orang. Ini berhasil jika Anda bisa memuaskan konsumen dan nantinya mereka pun bisa menjadi pelanggan setia.

8. Perizinan Memulai usaha
Demi keamanan dan kenyamanan usaha, pastikan Anda mengatur surat izin memulai usaha dari instansi pemerintahan atau pihak berwenang setempat. Jika usaha semakin berkembang dan besar, ada baiknya segera mengatur Nomor Pokok Wajib pajak (NPWP) bagi usaha Anda, mengatur perizinan ke Kementerian Kesehatan, bahkan kalau bisa mengatur sertifikasi halal untuk semua produk usaha Anda ke Majelis Ulama Indonesia (MUI).

9. Sikap dan perilaku
Penting untuk menjaga sikap maupun perilaku Anda saat tatap muka konsumen, semakin Anda ramah dan sopan maka akan semakin banyak konsumen yang berniat menjadi pelanggan Anda, coba Anda bayangkan apakah Anda mau berbelanja pada pedagang yang sombong, pelit atau jutek? Apalagi kalau penampilan berantakan dan dekil.

10. Ora et labora
Ora et labora atau bekerja sambil berdoa adalah kunci keberhasilan Anda, berjuanglah dan teruslah berdoa kepada yang maha esa, karena dialah yang menilai hasil kerja keras Anda, jangan sesekali menggunakan magic dalam usaha karena pasti akan hancur walau cepat berkembang, berusahalah bersih.

Itulah beberapa tips diatas yang mungkin bisa dijadikan masukan bagi Anda yang tertarik untuk membuka usaha makanan dan minuman.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%