Wajib dicoba nih… bisnis menguntungkan menjelang Lebaran.

0
149

Bulan ramadhan ternyata tidak hanya menguntungkan untuk mengumpulkan amal dan ibadah, tetapi sangat menguntungkan juga untuk anda yang hendak mengupulkan pundi-pundi rupiah, sebenarnya kalau dipikir-pikir, ketimbang puasa dijalani hanya dengan tiduran dirumah, tentu akan lebih baik bila sembari berpuasa juga dibarengi dengan memanfaatkan peluang usaha sampingan paling menguntungkan menjelang lebaran, yang mungkin sangat cocok untuk anda jalankan.

Meskipun kedengarannya usaha ini lebih cocok dijalankan oleh mereka yang beragama Muslim, tetapi tidak menutup kemungkinan bila anda yang Non Muslim juga mau mencoba untuk melakoni beberapa usaha ini, selama anda benar benar menekuni dan mengerti tentang seluk-beluk dari usaha dan yang anda lakoni tersebut.

Baiklah, untuk anda yang benar-benar ingin menambah pundi-pundi rupiah anda saat Lebaran nanti, ada baiknya anda memulai usaha yang akan saya bagikan ini sedari sekarang, tentu untuk meminimalisir saingan usaha yang akan “tumpah-ruah” ketika hari raya Lebaran tinggal menghitung hari saja.

1. Berjualan baju lebaran

Momen Lebaran biasanya dihiasi dengan para pemburu barang baru yang senantiasa “mendobrak” lapak anda, terlebih lagi bila harga yang anda tawarkan lebih murah dibandingkan toko-toko pada umumnya, dalam memulai usaha ini anda tidak diharuskan mempunyai toko fisik, yah meskipun toko fisik juga cukup berpengaruh dalam meningkatkan keuntungan anda.

Namun untuk anda yang memang ingin berjualan baju muslim atau baju lebaran hanya pada bulan ramadan saja, mungkin berjualan secara online adalah pilihan terbaik untuk mengurangi modal yang dikeluarkan, biasanya bisnis ini akan sangat menguntungkan pada hari-hari menjelang Lebaran, terutama pada H-3 menjelang Lebaran.

Gambar terkait

2. Menjual Perlengkapan Ibadah

Poin ini sedikit mirip, namun berbeda dengan yang ada pada poin bertama. bila pada poin pertama tadi saya menjelaskan untuk memulai usaha berjualan baju lebaran, maka di poin nomor dua ini yang akan anda jual adalah perlengkapan ibadah untuk mereka yang hendak merayakan Lebaran.

Hari raya lebaran identik dengan barang yang serba baru, sebenarnya hal ini berlaku juga untuk semua Agama, dimana hari raya merupakan momen untuk mengganti barang lama dengan barang yang baru, tentu berjualan perlengkapan ibdah dapat menguntungkan anda, terutama pada hari raya seperti Lebaran.

3. Berjualan kue kue lebaran

Yang tak kalah menguntungkan yakni berjualan kue kue lebaran, untuk memaksimalkan pengeluaran, saya menyarankan untuk berjualan kue-kue yang mempunyai masa penyimpanan yang cukup lama, seperti kue kering contohnya, selain itu anda juga dapat membuat kue kering ini dirumah dan dengan bahan-bahan yang relatif murah.

Untuk pemasarannya sendiri dapat dilakukan secara offline maupun online, maka dari itu saya menyarankan untuk menyediakan kue-kue yang memiliki masa penyimpanan yang cukup lama, dikarenakan untuk berjaga-jaga bila pelanggan berada dari daerah yang sangat jauh dari daerah tempat tinggal anda, dengan begini kue akan sampai ke tangan pembeli dengan cita rasa yang tetap utuh, meskipun harus menempuh jarak yang jauh dan waktu berhari-hari agar kue tersebut sampai ketangan pembeli.

4. Berjualan makanan untuk berbuka puasa

Kalau yang ini meurut saya lebih cocok dilakukan jauh hari sebelum lebaran tiba, atau dalam kata lain, dapat anda mulai dari sekarang, pasalnya bila menjelang lebaran biasanya keuntungan akan lebih sedikit, hal ini dikarenakan calon pembeli kita yang lebih memilih untuk pergi berpulang kampung alias mudik, sedangkan bila dilakukan dari sekarang, pastinya ada banyak orang yang sedang kebingungan mencari menu berbuka puasa, dan mungkin saja mereka akan membeli dagangan anda sambil kebetulan lewat, atau bisa juga anda memiliki pelanggan tetap setiap harinya selama bulan ramadan.

Hasil gambar untuk kuliner puasa

5. Menyewakan kendaraan untuk mudik lebaran

Wah, kalau yang ini saya sangat- sangat menyarankan agar anda selaku pemilik kendaraan mengenal betul siapa orang yang akan menyewa kendaraan milik anda tersebut, pasalnya bila anda memang tidak mempunyai rental sedari awal, atau dalam kata lain rental kendaraan anda ini merupakan rental dadakan, maka seandainya nanti terjadi hal-hal yang tidak diinginkan maka akan sulit untuk rental yang tidak memiliki ijin seperti ini.

Sedangkan bila anda merentalkan kendaraan anda hanya kepada teman, atau tetangga yang sedang membutuhkan, mungkih hal buruk bisa diminimalkan, karena ini juga untuk berjaga-jaga, pasalnya kendaraan tersebut mungkin saja akan melakukan perjalanan jauh antar kota, propinsi, bahkan pulau, jadi tetap waspada ya guys.

6. Berjualan ketupat pada saat hari menjelang lebaran

Selain usaha membuat kue, usah ketupat juga patut diperhitungkan, hal ini dikarenakan ketupat sendiri yang sangat identik dengan hari raya Lebaran, namun bila anda memilih untuk memulai usaha berjualan ketupat, mungkin jangkauan bisnisnya hanya pada daerah tempat anda tinggal saja, hal ini tentu karena ketupa sendiri merupakan makanan yang tidak awet, atau dalam kata lain mudah basi.  Namun melihat dari keuntungan yang bisa didapatkan, sepertinya usaha ini patut untuk dicoba.

7. Berjualan mainan untuk anak

Meski kedengarannya cukup aneh, tetapi berjualan mainan anak pada saat momen lebaran cukup mendatangkan keuntungan yang lebih dibandingkan hari-hari biasa, hal ini terutama dikarenakan anak-anak biasanya akan mendapatkan banyak sekali Tunjangan Hari Raya (THR) pada hari raya seperti Lebaran, dan sangat mudah ditebak bila anak anak akan menggunakan uang tersebut untuk membeli manian baru. Lagi-lagi anda sebagai penjual mainanlah yang akan merasakan keuntungan cukup besar ini.

Namun sangat penting untuk diperhatikan dalam memulai usaha ini, yakni pastikanlah anda tinggal di daerah dimana banyak terdapat anak-anak di sana, anak kecil biasanya belum mengerti tentang penggunaan gadget dan berbelanja online, sehingga mereka pasti akan memilih untuk langsung pergi ke toko untuk membeli mainan yang diinginkan.

8. Berjualan aksesoris pelengkap berkendara

Selanjutnya adalah berjualan aksesoris pelengkap berkendara, jadi momen lebaran biasanya akan dimanfaatkan oleh banyak orang untuk pulang kampung alias mudik, mereka yang sangat menghargai keamanan berkendara biasanya senantiasa melengkapi diri mereka dengan perbekalan yang sangat baik sebelum pergi bermudik, salah satunya dengan membeli aksesoris yang dapat membantu mereka merasa semakin aman dalam berkendara.

Jujur saja, usaha ini memang lebih cocok bila anda memiliki toko fisik dengan lokasi yang strategis, contohnya berada dipinggir jalan, hal ini dapat memudahkan masyarakan melihat produk yang anda jual, sedangkan aksesoris yang anda jual bisa beragam jenisnya, dari selop tangan, helem, masker, dan juga jaket kulit.

 

sumber : klikmania.net

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%